Jepara (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, resmi mengoperasikan Mal Pelayanan Publik (MPP) yang merupakan pembaharuan sistem pelayanan publik bagi daerah, yang lebih progresif karena memadukan pelayanan dari semua OPD di Pati dengan instansi vertikal.

Mal Pelayanan Publik yang berada di Lantai I Kantor Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Bersama, dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Jepara Edy Sujatmiko dengan dihadiri sejumlah pejabat terkait, Kamis.

"Terdapat 19 gerai dari berbagai perangkat daerah, yang terdiri dari 10 dinas kabupaten, dua dinas provinsi, dan delapan instansi vertikal yang membuka layanan di MPP Jepara," kata Sekda Jepara Edy Sujatmiko usai pembukaan MPP di Jepara.

Ia mencatat nantinya ada 222 perizinan dan non perizinan yang dapat dilayani di MPP Jepara .

Dengan hadirnya MPP ini, maka dapat meningkatkan daya saing global dalam memberikan kemudahan berusaha di daerah karena iklim berusaha akan lebih mudah terutama terkait perizinan yang lebih cepat, terpadu, efektif, dan efisien.

Selain itu, masyarakat akan semakin mudah mengakses berbagai jenis layanan yang ada di instansi pemerintah di satu tempat, baik mulai perizinan, administrasi kependudukan, pajak, retribusi, hingga aduan, dan konsultasi.

"Semua itu, dilakukan untuk memberikan pelayanan cepat, dan terbaik untuk masyarakat," ujarnya.

Pada 1 Juli 2020, kata dia, MPP sudah mulai dilakukan uji coba secara bertahap.

Kemudian, kata dia, setelah ditinjau dan mendapat apresiasi positif dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB), yang diwakili Deputi Bidang Pelayanan Publik, akhirnya dibuka secara resmi Kamis (1/10).

MPP tersebut, kata dia, dipastikan mampu memudahkan publik dalam mengakses pelayanan yang terintegrasi dalam satu tempat, serta ada pula saran dan masukan.

Adapun fasilitas penunjang yang tersedia, yakni mulai dari pusat informasi, ruang laktasi, musala, ruang rapat, kursi roda, pojok baca, dan ruang bermain anak.

Tempat parkir yang tersedia juga cukup luas dan lokasinya juga cukup strategis karena berada di jantung Kota Jepara. 

Pewarta : Akhmad Nazaruddin
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024