Solo (ANTARA) - Real Estat Indonesia (REI) menyatakan sejumlah pengembang terkendala akad pada proses penjualan rumah sederhana di masa pandemi COVID-19 mengingat perbankan masih membatasi akad untuk calon konsumen.

"Semenjak mulainya pandemi bank-bank masih menahan prosesnya. Prosesnya sekarang yang disetujui adalah dari kalangan TNI, ASN, dan Polri," kata Ketua REI Surakarta Anthony Abadi Hendra di Solo, Rabu.

Ia mengatakan sejauh ini pengajuan akad dari masyarakat umum terutama yang usahanya terdampak COVID-19 belum bisa diterima.

"Saat ini kami masih menunggu kebijakan lagi. Mudah-mudahan prosesnya bisa lancar lagi karena kalau kondisi masih seperti ini tentu sangat menggangu 'cashflow' pengembang," katanya.

Meski demikian terkait dengan pembangunan rumah sederhana, dikatakannya, sejauh ini tidak mengalami kendala. Bahkan para pengembang masih memiliki stok yang cukup banyak untuk dijual ke konsumen.

Baca juga: REI Solo Raya serahkan bantuan APD ke RSUD Pandan Arang Boyolali

"Kalau stoknya sampai saat ini di Soloraya masih ribuan unit. Tetapi ya memang kami kesulitan jualnya," katanya.

Bahkan, untuk meningkatkan animo masyarakat agar membeli, dikatakannya, para pengembang berupaya memberikan banyak promo, di antaranya bebas uang muka, bebas biaya akad, dan biaya notaris.

"Tetapi calon pembeli juga belum responsif, kondisi pasar masih lesu," katanya.

Sementara itu, melihat kondisi ini, dikatakannya, sejauh ini belum ada revisi target dari REI. Menurut dia, jika melihat target awal untuk di Jawa Tengah masih sama dengan tahun sebelumnya, yaitu 10.000 unit.

"Biasanya 5.000 unit di antaranya merupakan kontribusi dari Soloraya. Kalau melihat kondisi saat ini mungkin kalau sekarang bisa terjual sampai 2.500 unit saja sudah bagus sekali," katanya.

Baca juga: REI apresiasi kebijakan pemerintah terkait keringanan cicilan KPR
Baca juga: REI Jateng berikan bantuan APD dan wastafel portabel

Pewarta : Aris Wasita
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024