Purbalingga (ANTARA) - Bupati Purbalingga, Jawa Tengah Dyah Hayuning Pratiwi menginformasikan bahwa total pasien COVID-19 di daerah setempat yang telah dinyatakan sembuh hingga saat ini telah mencapai 51 orang.

"Dari jumlah keseluruhan 61 pasien COVID-19 di Purbalingga, 51 di antaranya telah dinyatakan sembuh, satu meninggal dunia dan sembilan lainnya masih dalam perawatan intensif," katanya di Purbalingga, Jawa Tengah, Senin.

Dia mengatakan pihaknya terus berupaya memutus mata rantai penyebaran virus dengan cara mengintensifkan sosialisasi mengenai protokol kesehatan, menggelar operasi tertib masker serta mewajibkan karantina mandiri bagi pendatang dari luar kota.

Selain itu, kata dia, pemeriksaan tes cepat secara massal juga terus dilakukan guna

menemukan dan menelusuri potensi orang tanpa gejala sebagai upaya mencegah penularan virus tersebut di wilayah ini.

"Pemeriksaan tes cepat secara massal terus dilakukan di berbagai lokasi keramaian dan yang hasilnya reaktif akan ditindaklanjuti dengan tes usap," katanya.

Bupati juga menambahkan, kendati banyak pasien yang telah sembuh namun pihaknya terus mengingatkan masyarakat di wilayah setempat untuk selalu waspada dan bijaksana dalam beraktivitas.

"Sedulur, kita harus tetap waspada ya. Ancaman COVID-19 di Purbalingga belum berakhir. Perjuangan kita juga belum berakhir untuk mencegah penyebaran dan menyembuhkan pasien yang masih dirawat. Untuk kesekian kalinya saya mengingatkan dan mengajak kita semua untuk disiplin dalam mematuhi aturan protokol kesehatan," katanya.

Bupati juga kembali mengajak masyarakat untuk ikut berperan aktif dan bahu membahu dalam rangka memutus mata rantai penyebaran virus di wilayah itu.

Bupati menyebutkan bahwa peran aktif masyarakat dapat dilakukan dengan selalu menggunakan masker saat beraktivitas ke luar rumah, menghindari kerumunan, rajin cuci tangan dengan sabun dan air mengalir dan juga menjaga jarak fisik satu sama lain.

"Rasa disiplin dan kesadaran masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan merupakan kunci untuk melindungi diri sendiri dan juga melindungi orang lain yang ada di sekitar kita," katanya.

Bupati juga mengajak seluruh warga untuk menjadikan protokol kesehatan sebagian bagian dari gaya hidup sehari-hari agar aman dan terlindungi dari kemungkinan paparan virus.

Baca juga: Di Boyolali, pasien COVID-19 sembuh bertambah lima orang
Baca juga: 138 pasien COVID-19 di Kabupaten Magelang sembuh
Baca juga: 83 pasien COVID-19 di Wonosobo dinyatakan sembuh
 


Pewarta : Wuryanti Puspitasari
Editor : Mugiyanto
Copyright © ANTARA 2024