Solo (ANTARA) - Pemerintah Kota Surakarta menyatakan pembangunan Pasar Legi segera terealisasi seiring dengan sudah dipenuhinya syarat oleh Dinas Perdagangan.

"Pemkot Surakarta sudah menyiapkan apa yang diminta oleh Balai Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang ada di Jawa Tengah," kata Kepala Dinas Perdagangan Kota Surakarta Heru Sunardi di Solo, Rabu.

Ia mengatakan untuk "Detail Engineering Design" (DED) juga sudah diserahkan, termasuk survei harga pasar di lapangan. "Semua sudah kami penuhi, jadi saya kira sekarang sudah masuk 'waiting list' (daftar tunggu) untuk lelang. Targetnya akhir tahun ini selesai," katanya.

Meski baru akan masuk proses lelang, pihaknya optimis proses pembangunan Pasar Legi akan selesai sesuai dengan target awal.

"Berdasarkan kunjungan di lapangan, jika dilihat dari eksistingnya pembangunan bisa dilakukan bersamaan di tiga titik. Paling tidak prosesnya bisa dimulai bulan April," katanya.

Baca juga: Proses DED, pembangunan Pasar Legi Solo dikerjakan 2020

Ia mengatakan untuk anggaran sementara dari pembangunan Pasar Legi sebesar Rp150 miliar. Meski demikian, untuk kepastiannya masih menunggu keputusan saat perhitungan di proses lelang.

Sementara itu, dikatakannya, saat ini para pedagang sudah direlokasi ke pasar darurat. Meski demikian, diakuinya, ada beberapa kios sementara yang tidak dipakai oleh para pedagang.

"Kalau mereka tidak mau pakai kios sementara sebetulnya tidak ada sanksi, tetapi mereka dicabut dari kepemilikan kios daruratnya. Meski demikian, nanti jika pasar sudah selesai dibangun, mereka tetap dapat jatah," katanya.

Selain menertibkan para pedagang agar menempati pasar darurat, untuk memastikan proses pembangunan berjalan lancar, pihaknya juga akan memastikan ketertiban para pedagang yang menempati kios pribadi.

"Termasuk kalau ada dagangan mereka yang terlalu menjorok di jalanan, akan kami tertibkan, tujuannya agar kendaraan material tidak terganggu operasionalnya," katanya.

Baca juga: Penandatanganan Kontrak Pembangunan Pasar Legi Ditunda

Pewarta : Aris Wasita
Editor : Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024