Purwokerto (ANTARA) - Dinas Tenaga Kerja Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, segera mendirikan Job Cafe, kata Kepala Dinnakerkop UKM Kabupaten Banyumas Joko Wiyono.

"Job Cafe akan memanfaatkan halaman parkir Kantor Dinnakerkop UKM Kabupaten Banyumas yang kosong pada malam hari guna memberikan kesempatan bagi warga untuk membuka usaha kuliner," katanya di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Kamis.

Selain itu, kata dia, Job Cafe juga didirikan dengan tujuan untuk mewadahi masyarakat yang membutuhkan layanan dan informasi seputar pekerjaan ataupun profesi lainnya.

Baca juga: Bursa kerja berbasis TI terbesar di Jateng digelar di Semarang

Bahkan, lanjut dia, kafe yang rencananya buka pada malam hari tidak hanya menyediakan informasi pekerjaan, juga layanan yang menyangkut Dinnakerkop UKM Kabupaten Banyumas.

Menurut dia, pihaknya juga menyediakan layanan konseling serta mediasi perusahaan untuk menyelesaikan dan membuka diskusi guna menyelesaikan perselisihan dalam pekerjaan.

"Suasana dibuat santai, ada kafenya, ada tempat ngobrol-ngobrol santai. Semoga Job Cafe ini dapat diluncurkan pada awal bulan Februari," katanya.

Sebelumnya, Dinnakerkop UKM Kabupaten Banyumas juga membuka kesempatan bagi generasi muda untuk mengikuti berbagai pelatihan atau kursus secara gratis di Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Balai Latihan Kerja setempat.

Selain untuk memenuhi kebutuhan pasar kerja, pelatihan atau kursus gratis yang digelar selama bulan Februari-April 2020 itu juga untuk mendorong terwujudnya berbagai usaha mandiri.

Dalam hal ini, Dinnakerkop UKM Kabupaten Banyumas menyelenggarakan tujuh macam pelatihan keterampilan secara gratis yang meliputi pembuatan roti dan kue, pelatihan teknisi sepeda motor, pelatihan las, tata kecantikan kulit, tata rias pengantin dan hantaran, teknisi telepon seluler, serta pelatihan manajemen dasar.

Baca juga: Job fair Udinus dekatkan lulusan dengan lowongan kerja
Baca juga: Dipadati pengunjung, Bursa Kerja Banyumas sediakan 5.000 lowongan

Pewarta : Sumarwoto
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024