Cilacap (ANTARA) - Obyek wisata alam Krama Cenil bentukan program TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) Kodim Cilacap bersama warga menghadirkan banyak spot menarik bagi para wisatawan.

Lokasi pemancingan yang memanfaatkan Kali Beber di Dusun Beber, Desa Cilibang, Kecamatan Jeruklegi, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah tersebut semakin menarik bagi wisatawan.

Kepala Desa Cilibang Purnomo Edy mengatakan jika sebelumnya Kali Beber hanya didatangi oleh mereka para pemancing karena banyak ilalang. Namun, sekarang semakin banyak warga yang datang untuk memancing dan berfoto.

"Pengunjung kini juga dapat berfoto di panggung dari anyaman bambu dengan latar pemandangan Kali Beber," kata Purnomo Edy.

Untuk mendukung wisatawan yang datang ke Krama Cenil, pada kegiatan TMMD sebelumnya juga telah membuatkan musala panggung, sejumlah gazebo, toilet, dan pos kampling.

"Objek wisata Krama Cenil merupakan gagasan dari Dandim Cilacap/Dansatgas TMMD Reguler saat itu serta karang taruna Desa Cilibang," kata Purnomo Edy.

Baca juga: Antisipasi longsor, Kodim Cilacap bantu warga pasang patok bambu

Danramil 02 Jeruklegi Kapten Infanteri Suwanto mengatakan bahwa perombakan bantaran Kali Beber dimulai pada awal September 2019 oleh pihaknya bersama warga desa dan dilanjutkan oleh Satgas TMMD saat pelaksanaan TMMD Reguler.

“Satgas TMMD Reguler Cilacap bersama pihak desa sengaja membuat fasilitas-fasilitas di kawasan Krama Cenil agar para pengunjung menjadi tertarik dan nyaman serta dapat berlama-lama," kata Kapten Infanteri Suwanto.

Kapten Infanteri Suwanto menambahkan warga tidak hanya dapat menjual Krama Cenil sebagai tempat wisata alam serta pemancingan, tetapi mereka juga menjual kerajinan lokal kepada para pengunjung.

"Penghasilan dari Krama Cenil tersebut bisa untuk kas desa yang kemudian dapat dimanfaatkan untuk kepentingan mereka. Untuk semua fasilitas sengaja dibuat dari bahan bambu dan kayu agar terkesan natural," demikian Kapten Infanteri Suwanto.

Baca juga: Kodim Cilacap kembali hadirkan perpustakaan keliling di Desa Cilibang

Pewarta : KSM
Editor : Nur Istibsaroh
Copyright © ANTARA 2024