Cilacap (ANTARA) - Sejumlah tentara dan warga bersama-sama kerja bakti bersih-bersih jalan Desa Cilibang untuk persiapan pembukaan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) 106 Kodim Cilacap yang dijadwalkan Rabu, 2 Oktober 2019.

Kerja Bakti juga dilakukan di Lapangan Desa Cilibang yang akan digunakan sebagai lokasi pembukaan TMMD, Minggu.

Mereka yang ikut kerja bakti di antaranya warga dari Dusun Prapagan, Kaligintung, Cironeng, dan Dusun Beber, Desa Cilibang. Mereka berbaur dan bergotong-royong memangkas rumput lapangan, membersihkan selokan, membakar sampah, dan memasang umbul-umbul.

Kopda Tofik mengakui masih banyak ditemukan sampah di selokan, sehingga dikhawatirkan pada saat musim penghujan, air tidak dapat mengalir dengan baik dan bisa mengakibatkan genangan serta mudah menjadi sarang nyamuk.

“Kegiatan kali ini pembersihan parit dan membuang tumpukan sampah yang ada di sekitar tempat warga Desa Cilibang dengan diangkut kendaraan damtruk milik TNI. Kami bersama masyarakat mengunakan alat seadanya untuk bersih-bersih," kata Kopda Tofik.

Baca juga: TNI Kodim Cilacap tumbuhkan minat baca anak-anak

Tidak hanya orang tua, dalam kegiatan tersebut juga banyak anak-anak Desa Cilibang yang ikut membantu membersihkan sampah dan selokan di antaranya Ari (8), Dafit (8), dan Ipul (9) yang ikut membuang sampah membersihkan selokan dari sampah.

Danramil Jeruklegi Kapten Inf Suwanto, Minggu menjelaskan bahwa ada pembagian personel menjelang pembukaan TMMD 106 Kodim Cilacap di antaranya sebagian bersama warga menyelesiakan proyek fisik Jalan Makadam, sebagian bersih-bersih di sejumlah titik obyek wisata Krama Cenil, dan sebagian lagi dikerahkan untuk bersih-bersih lapangan yang akan digunakan untuk upacara pembukaan.

“Kehadiran TMMD 106 Kodim Cilacap di wilayah Desa Cilibang mendapat sambutan luar biasa dari masyarakat. Seluruh penduduk senang dan bangga, sehingga apa yang kita kerjakan, mereka dengan senang hati melibatkan diri,” kata Kapten Inf Suwanto.

Baca juga: TNI cek kondisi RTLH sebelum perbaikan

Pewarta : KSM
Editor : Nur Istibsaroh
Copyright © ANTARA 2024