Cilacap (ANTARA) - TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) 106 Kodim Cilacap memiliki banyak program yang bertujuan memberikan manfaat bagi desa yang menjadi sasaran program salah satunya di sektor pendidikan dengan menumbuhkan minat baca anak-anak.

Di Desa Cilibang yang menjadi daerah sasaran pelaksanaan program TMMD, para personel juga mengajak anak-anak SD gemar membaca buku yang menjadi jendela dunia.

Hal tersebut dilakukan Sertu Mulyono yang membagikan buku ke anak-anak SD yang tengah berkumpul bersama guru mereka Endah Kurtiati di lokasi pra-TMMD 106 Kodim Cilacap, di Desa Cilibang, Sabtu.

Sertu Mulyono menyapa anak anak sembari mengeluarkan beberapa buku yang di bawanya, kemudian membagikannya kepada anak-anak SDN 1 Jeruklegi.

Satu persatu anak-anak mendapat buku dan mereka terlihat antusias mendapatkan buku sejarah.

"Buku ini bagus.... banyak gambar Pahlawan ya," kata salah satu anak.

Baca juga: TNI cek kondisi RTLH sebelum perbaikan

Sertu Mulyono berharap dengan membagikan buku tersebut, selain membangkitkan minat baca, anak-anak juga diperkenalkan dengan sosok pahlawan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Kegiatan ini merupakan tujuan nonfisik yang berusaha di wujudkan oleh TNI, karena dengan menumbuhkan minat baca, diharapkan akan tercipta generasi yang cerdas dan cinta Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," kata Sertu Mulyono.

Dalam kesempatan terpisah, interaksi personel dengan para anak di Desa Cilibang memberikan kesan positif dan menjadikan sebagian dari mereka yang bercita-cita ingin menjadi TNI.

''Dulu saya takut, karena setahu saya tentara itu galak dan menakutkan. Tetapi, salah. Pak tentara baik, pandai bergaul, dan suka menolong karena mau membangun desa saya," kata Andi (10), siswa SD Negeri 01 Jeruklegi kepada Sertu Mulyono, Sabtu.

Andi juga berharap Sertu Mulyono yang bersama personel lain berada di Desa Cilibang dalam rangkaian program TMMD106 Kodim Cilacap, bersedia membimbingnya untuk mewujudkan cita-citanya.  

Baca juga: TMMD, Kodim Cilacap ajarkan kedisiplinan ke siswa

Pewarta : KSM
Editor : Nur Istibsaroh
Copyright © ANTARA 2024