Temanggung (ANTARA) - Bank Jateng membantu rehabilitasi 100 rumah tidak layak huni (RTLH) dan jamban keluarga di Kabupaten Temanggung Rp1,5 miliar atau masing-masing unit Rp15 juta.

Direktur Bisnis Ritel dan Unit Usaha Syariah Bank Jateng Hanawijaya di Temanggung, Senin, mengatakan Bank Jateng juga membantu pembangunan rehabilitasi Masjid Darrul Iqomah di Desa Wonosari, Kecamatan Bulu, Kabupaten Temanggung Rp100 juta.

Secara simbolis bantuan rehabilitasi RTLH tersebut disampaikan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Desa Kalimanggis, Kecamatan Kaloran pada Sabtu (20/7).

Penerima bantuan rehabilitasi RTLH tersebut tersebar di 10 desa di 10 kecamatan, masing-masing mendapat 10 unit, yakni Desa Kalimanggis Kecamatan Kaloran, Desa Malebo Kecamatan Kandangan, Desa Balerejo Kecamatan Tlogomulyo, Desa Botoputih Kecamatan Tembarak.

Selain itu, Desa Banaran Kecamatan Gemawang, Desa Mondoretno Kecamatan Bulu, Desa Gunungsari Kecamatan Bansari, Desa Bandunggede Kecamatan Kedu, Desa Tegalrejo Kecamatan Ngadirejo, dan Desa Jeketro Kecamatan Kledung.

Baca juga: Bank Jateng bantu rehabilitasi 50 rumah tidak layak huni di Solo

Hanawijaya mengatakan pemberian bantuan rehabilitasi RTLH bagi masyarakat miskin agar mereka memiliki tempat tinggal yang layak itu upaya Bank Jateng berperan dalam meningkatkan kesehatan, kesejahteraan, dan kualitas hidup masyarakat penerima bantuan, khususnya di  Temanggung.

Ia menuturkan program pembangunan RTLH itu ikut mendukung program pemerintah dalam penanggulangan kemiskinan, sedangkan manfaat rehabilitasi Masjid Darrul Iqomah di Kabupaten Temanggung untuk memberikan sarana ibadah yang lebih baik bagi masyarakat di Dusun Dukuh, Desa Wonosari, Kecamatan Bulu, dan memfasilitasi kegiatan ibadah yang dapat memberikan kenyamanan masyarakat setempat.

Ia mengatakan penyaluran dana sosial Bank Jateng pada Januari hingga 19 Juli 2019 untuk bantuan kemitraan Rp12.319.640.510.

Baca juga: Wali Kota: Rehabilitasi rumah rampung 3 tahun

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024