Solo (Antaranews Jateng) - Universitas Sebelas Maret (UNS) mengimbau para lulusan siap menghadapi era "industry 4.0" atau era industri ke-4 dimana teknologi informasi telah menjadi basis dalam kehidupan manusia.

"Pada era tersebut segala hal menjadi tanpa batas dengan penggunaan daya komputasi dan data yang tidak terbatas karena dipengaruhi oleh perkembangan internet dan teknologi digital yang masif sebagai tulang punggung pergerakan dan konektivitas manusia dan mesin," kata Rektor UNS Ravik Karsidi pada acara wisuda periode III tahun 2018 di Solo, Sabtu.

Ia menambahkan era tersebut juga akan mendisrupsi berbagai aktivitas manusia, termasuk di dalamnya bidang ilmu pengetahuan dan teknologi serta pendidikan tinggi.

Menurut dia, kuantitas bukan lagi menjadi indikator utama bagi suatu perguruan tinggi dalam mencapai kesuksesan, melainkan kualitas lulusannya.

"Kesuksesan sebuah negara dalam menghadapi revolusi industri 4.0 erat kaitannya dengan inovasi yang diciptakan oleh sumber daya yang berkualitas, sehingga perguruan tinggi harus dapat menjawab tantangan untuk menghadapi kemajuan teknologi dan persaingan dunia kerja di era globalisasi," jelasnya.

Untuk menjawab tantangan tersebut, pihaknya telah melakukan sejumlah inovasi dalam pembelajaran dan riset, seperti "blended learning".

Selain itu, sebutnya semua pelayanan di UNS baik administrasi maupun akademik sudah dilakukan secara "online".

Sementara itu, lanjutnya secara umum Indonesia memiliki modal berupa pasar domestik yang besar dan memiliki universitas yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia.

"Modal lainnya adalah sampai dengan tahun 2030 Indonesia masih menikmati bonus demografi dimana tenaga kerja dengan usia produktif begitu besar," ungkapnya.

Terkait dengan wisuda, jumlah wisudawan yang dilantik berjumlah 999 wisudawan, terdiri dari lulusan pascasarjana sebanyak 152 wisudawan, lulusan program pendidikan dokter spesialis sebanyak 7 wisudawan, lulusan program sarjana sebanyak 658 wisudawan berasal dari 10 fakultas.

Lalu, lulusan program diploma IV sebanyak 4 wisudawan berasal dari fakultas kedokteran, serta lulusan program diploma III sebanyak 178 wisudawan berasal dari 7 fakultas.
   

Pewarta : Aris Wasita
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024