Magelang (Antaranews Jateng) - Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito memastikan pemungutan suara Pemilihan Gubernur Jawa Tengah di daerah itu pada Rabu berjalan dengan lancar dan sesuai ketentuan.

Wali Kota Sigit bersama jajaran Forum Pimpinan Daerah Kota Magelang dan Tim Desk Pilkada Jateng di Kota Magelang meninjau sejumlah tempat pemungutan suara Pilgub Jateng 2018 di daerah tersebut.

Sebanyak tiga tempat pemungutan suara yang ditinjau rombongan wali kota, yakni TPS 5 Kelurahan Magersari, TPS 6 Kelurahan Panjang, dan TPS 5 Kelurahan Kedungsari.

"Tinjauan ini kita maksudkan untuk mengetahui secara langsung bagaimana jalannya pilkada serentak. Bagaimana tingkat partisipasi dan antusiasme masyarakat," ujarnya.

Menurut dia, antusiasme masyarakat Kota Magelang untuk mengikuti pilgub dengan mendatangi TPS-TPS di sekitar tempat tinggalnya, terpantau cukup tinggi.

"Saya lihat antusias warga mendatangi TPS sangat bagus. Tingkat partisipasi pemilih saya rasa juga lebih baik, tapi angka pastinya nanti setelah ada penghitungan resmi,” katanya.

Ia mengatakan proses pemungutan suara juga berjalan dengan baik, dan hampir tidak ada masalah yang berarti.

"Panitianya sudah bagus dari persiapan sampai sekarang pencoblosan dan nanti penghitungan. Saya harap kondisi yang kondusif ini tetap terjaga, bisa saling menjaga keamanan dan kenyamanan bersama," ujar dia.

Kapolres Magelang Kota AKBP Kristanto Yoga Darmawan mengatakan pemungutan suara berlangsung dengan lancar dan aman, tidak ada laporan terjadinya masalah yang besar di lapangan.

Pihaknya menjamin situasi keamanan tetap kondusif terkait dengan pesta demokrasi Pilgub Jateng di kota dengan tiga kecamatan dan 17 kelurahan itu.

"Belum ada laporan adanya konflik di lapangan. Kami jamin proses pemilihan tetap aman dan lancar. Kalau ada masalah, silakan dilaporkan," katanya.

Jumlah warga Kota Magelang yang masuk daftar pemilih Pilgub Jateng tercatat 89.294 orang, sedangkan jumlah TPS 220 tempat.

Pilgub Jateng diikuti dua pasangan kandidat, yakni Ganjar Pranowo-Taj Yasin Maimoen dan Sudirman Said-Ida Fauziyah. (hms)
 

Pewarta : Hari
Editor : Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024