Temanggung, Antaranews Jateng - Ribuan orang memadati tradisi "padusan" menjelang memasuki bulan Ramadhan di objek wisata air Pikatan Water Park Temanggung, Jawa Tengah.
     Manajer Pemasaran Pikatan Water Park Trisman Dodi di Temanggung, Rabu, mengatakan sehari menjelang bulan Ramadan 1439 H ini pengunjung Pikatan Water Park mencapai sekitar 13.000 orang.
     Padusan merupakan tradisi mandi yang dilakukan secara bersama-sama oleh sebagian besar kaum muslim yang dilaksanakan di tempat-tempat umum seperti sendang, air terjun, dan belik.
     "Pikatan menjadi salah satu tujuan masyarakat untuk melakukan tradisi tersebut, apalagi air di objek wisata ini berasal dari sumber mata air sehingga banyak masyarakat melakukan padusan di sini," katanya.
     Ia menuturkan tradisi padusan berkembang menjadi sebuah daya tarik wisata yang mengundang minat masyarakat untuk berekreasi sekaligus tradisi bersih diri yang biasanya dilakukan menjelang datangnya bulan Ramadhan.
      Ia mengatakan Pikatan Water Park berupaya melestarikan tradisi padusan dengan memanfaatkan keberadaan sumber mata air alami di dalam kawasan objek wisata ini.
     Menurut dia dalam tiga hari terakhir pengunjung sudah ramai dan hari ini merupakan puncak tradisi padusan.
      "Sejak pagi masyarakat telah memenuhi lima kolam yang ada di Pikatan Water Park," katanya.
     Pada tradisi padusan kali ini, pihaknya menggelar hiburan berupa pentas musik dangdut untuk memberikan hiburan kepada para pengunjung.
     Ia menuturkan memasuki awal bulan Ramadhan 1439 H, Pikatan Water Park libur dua hari, yakni pada 17-18 Mei 2018.
     Selain untuk menghormati kaum muslim menjalankan ibadah puasa, libur dua hari tersebut akan kami manfaatkan untuk bersih-bersih kolam dan lingkungan Pikatan Water Park," katanya.

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Wisnu Adhi Nugroho
Copyright © ANTARA 2024