Wonogiri (Antaranews Jateng) - PT Coca-cola Foundation Indonesia membangun embung yang mampu menampung sekitar 15 juta liter air untuk mendukung konservasi air di Desa Doho Kecamatan Girimarto Kabupaten Wonogiri Jawa Tengah, Kamis.

Menurut Wakil Ketua Pelaksana Coca-Cola Foundation Indonesia Triyono Prijosoesilo, selain membangun embung di Wonogiri, juga di Banyu Kuwung Candi Sukuh Kabupaten Karanganyar sebagai komitmennya PT Coca-Cola guna mendukung konservasi air di Indonesia dengan membuat waduk untuk menampung air hujan.

"Acara peresmian pemanfaatan air kedua embung itu dipusatkan di Desa Doho Wonogiri," kata Triyono Prijosoesilo.

Triyono Prijosoesilo mengatakan proyek embung di Wonogiri yang terletak di Desa Doho dengan luas lahan sekitar 1,5 hektare dapat menampung lebih dari 15 juta liter air dengan kedalaman sekitar tiga meter. Embung ini, selain berfungsi konservasi air, juga sebagai irigasi untuk sekitar 40 hektare lahan perkebunan masyarakat dan 10 ha persawahan.

Menurut Triyono bagi Coca-Cola konservasi air merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari bisnisnya. Pada satu dekade terakhir berbagai program "water replenishment" yang dilakukan oleh PT Coca-Cola di Indonesia, setidaknya telah mengembalikan lebih dari satu miliar liter air ke alam dan masyarakat.

 

Pewarta : Bambang Dwi Marwoto
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024