Semarang, ANTARA JATENG – Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) salah satunya dengan membekali ilmu kepabeanan dan cukai kepada 200 taruna yang merupakan kader perwira pelayaran.

Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang mendatangkan Tim Sosialisasi Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean (TMP) Tanjung Emas Semarang yang beranggotakan Rina Indrati, Yendra Robi, dan Hening Sri Hidayati.

Acara yang berlangsung di ruang makan Menza gedung PIP tersebut dikuti para taruna semester pertama, sehingga ilmu kepabeanan dan cukai diharapkan dapat menjadi bekal bagi mereka seperti saat patrol laut.

Pengetahuan mengenai kepabeanan dasar seperti dasar hukum kepabeanan, pengertian istilah-istilah kepabeanan (kepabeanan, daerah pabean, dan kawasan pabean), pengertian impor dan ekspor, registrasi kepabeanan, bea masuk, bea keluar, dan cukai menjadi materi pertama yang disampaikan Rina Indrati.

Materi berikutnya yang diawali dengan ice breaking, berkaitan dengan barang kiriman, barang bawaan penumpang, dan tentunya pengenalan kapal patroli disampaikan oleh Yendra Robi.

Antusias dari para peserta sudah ditunjukkan sejak kehadiran Tim Sosialisasi Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi KPPBC TMP Tanjung Emas dengan sambutan tepuk tangan dan nyanyian yel-yel PIP di sela-sela pemberian materi sebagai pembangkit semangat.



Pewarta : Humas Bea Cukai
Editor :
Copyright © ANTARA 2024