Ratusan taruna yang tergabung dalam kelompok Drum Band Gita Dirgantara AAU menampilkan sejumlah atraksi yang memukau ribuan masyarakat, yang memadati sepanjang Jalan Slamet Riyadi dari depan Rumah Dinas Wali Kota Surakarta, Loji Gandrung hingga perempatan Ngapeman Solo.

Karnaval itu juga dimeriahkan klub motor gede Harley Davidson, Klub Fortuner, Solo Amerika Jeep, Klub Solo Vespa, dan anggota TNI AU Adi Soemarmo.

Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo bersama Komandan Lanud Adisoemarmo, Kolonel (Pnb) H. Haris Haryanto memberangkatkan peserta karnaval dari depan Loji Gandrung.

Rudyatmo mengatakan karnaval tersebut disambut antusias oleh masyarakat Solo.

Pemerintah Kota Surakarta bersama masyarakat, katanya, pada kesempatan itu, mengucapkan selamat HUT Ke-69 TNI AU.

Ia mengharapkan TNI AU tetap jaya dan berkontribusi lebih besar kepada bangsa dan negara dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

"Kota Solo beberapa hari ini, telah dihiasi Festival Dirgantara dan masyarakat sangat kagum dengan suara jet-jet tempur milik TNI AU yang melintas di Kota Surakarta," katanya.

TNI AU yang tangguh sebagai penjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia, katanya, menjadi kebanggaan masyarakat.

"Saya atas nama masyarakat Kota Solo, semoga HUT Ke-69 TNI AU ini, semakin jaya di udara dengan semboyan sayap Tanah Air," kata Rudyatmo.

Komandan Lanud Adisoemarmo, Kolonel (Pnb) H. Haris Haryanto melalui Kepala Penerangan dan Perpustakaan (Kapentak) Kapten Rindar Nur Arifianto mengatakan karnaval tersebut merupakan acara puncak peringatan HUT Ke-69 TNI AU di Lanud Adi Soemarmo.

Arifianto mengatakan karnaval melibatkan sekitar 800 personel, termasuk Drum Band Gita Dirgantara dari AAU yang berjumlah 190 taruna.

Selama tiga hari, mulai Rabu (29/4), Lanud TNI AU Adisoemarmo menggelar Festival Dirgantara di Hartono Mall Sukoharjo.


Pewarta : Bambang Dwi Marwoto
Editor : Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024