Solo dukung seniman kembali berkegiatan

id Seniman solo,Wali kota Solo

Solo dukung seniman kembali berkegiatan

Para pelaku seni berpentas saat menerima bantuan dari Pemkot Surakarta. ANTARA/HO/Pemkot Surakarta

Solo (ANTARA) - Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo mendukung seniman lokal kembali berkegiatan setelah vakum yang cukup lama akibat pandemi COVID-19.

"Memang biasanya kalau pas Lebaran kan banyak kegiatan, seperti mengisi acara 'Bakdan Neng Solo' dan sebagainya. Akibat kondisi ini kan sekarang para seniman tidak ada kegiatan sama sekali," katanya di sela memberikan bantuan kepada para seniman di Solo, Jumat.

Untuk inisiatif agar para seniman kembali melakukan kegiatan seni, pihaknya mengaku menerima masukan langsung dari para pelaku seni tersebut.

"Kemarin ada masukan, kalau teman-teman berkenan tentu saya dukung. Pemerintah masih punya (anggaran) kalau untuk hal-hal begini," katanya.

Ia juga mempersilahkan para pelaku seni membuat ide kreatif masing-masing.

"Nanti kan tanggal 16 (Juni) akan ada live streaming. Saya bagian ngrigenke (mendukung). Alangkah baiknya nanti di sini (Loji Gandrung) dimanfaatkan dan Ndalem Joyokusuman," katanya.

Ia mengatakan dalam waktu dekat ini akan ada kegiatan geguritan, namun baru melibatkan 10 pelaku seni mengingat seluruh pihak tetap harus mengikuti protokol kesehatan penanganan COVID-19.

"Mulai hari ini mari dibicarakan. Buat kreasi baru dengan suasana baru. Seminggu sekali atau dua kali, kalau bisa dilakukan akan lebih baik," katanya.

Sementara itu, terkait dengan bantuan yang diberikan merupakan sebagian dari bantuan Presiden Joko Widodo yang diserahkan oleh perwakilan istana pada minggu lalu. Pelaku seni sendiri merupakan salah satu terdampak Corona yang menerima bantuan tersebut.

Baca juga: Puluhan seniman Solo menuangkan imajinasi lukis di selter

Baca juga: Seniman Solo Aksi Damai Antipembajakan
Pewarta :
Editor: Achmad Zaenal M
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar