Ribuan pohon pinus Gunung Merbabu tumbang tekena terpaan angin kencang

id pohon pinus merbabu patah dan tumbang

Ribuan pohon pinus Gunung Merbabu tumbang  tekena terpaan angin kencang

Sejumlah pohon pinus berukuran kecil di kawasan Gunung Merbabu, Kabupaten Magelang patah batang karena diterjang angin kencang, Rabu (23-10-2019). ANTARA/Heru Suyitno

Magelang (ANTARA) - Ribuan pohon pinus di Taman Nasional Gunung Merbabu di wilayah Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah patah dan tumbang diterjang angin kencang dalam beberapa hari terakhir.

Berdasarkan pantauan di Magelang, Rabu, pohon pinus yang patah dan tumbang berada di kawasan hutan di atas Dusun Kecitran, Desa Ketundan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang.

Kecitran merupakan dusun tertinggi yang berada di lereng Gunung Merbabu.

Kepala Balai Taman Nasional Gunung Merbabu Junita Parjanti mengatakan pohon pinus di Merbabu ditanam sekitar 1953 hingga 1998.

Baca juga: Ribuan Pohon Pinus Roboh Terterjang Angin

Junita Parjanti menuturkan pohon pinus yang tumbang tersebut, sementara belum didata jumlahnya karena menunggu kondisi aman.

Ia mengatakan nantinya, jika kondisi sudah aman akan dilakukan pendataan.

Penanganan yang dilakukan saat ini pada perbaikan rumah-rumah warga yang mengalami kerusakan.

"Saat ini masyarakat masih dalam proses pembenahan tempat tinggalnya yang mengalami kerusakan dan angin masih kencang. Sementara ini belum didata jumlah pohon yang patah atau tumbang menunggu kondisi aman," katanya.
Pewarta :
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar