DPR harus perjuangkan masyarakat perdesaan

id dpr

DPR harus perjuangkan masyarakat perdesaan

Anggota DPR termuda Hillary Brigitta Lasut (kanan) dan Anggota DPR Tertua Abdul Wahab Dalimunthe (kiri) menjadi pimpinan DPR sementara saat pelantikan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) periode 2019-2024 di Ruang Rapat Paripurna, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, (1/10/2019). ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/pd. (ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDI)

Purwokerto (ANTARA) - Pengamat kebijakan publik dari Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto Dr. Slamet Rosyadi mengingatkan agar anggota DPR periode 2019-2024 memperjuangkan kepentingan sosial ekonomi masyarakat marjinal dan perdesaan.

"Masyarakat butuh peran DPR untuk mengakomodasi kepentingan rakyat dalam berbagai program pembangunan," katanya di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Selasa.

Baca juga: Puan bakal jadi perempuan pertama Ketua DPR RI

Selain itu, dia juga berharap anggota DPR RI yang dilantik pada Selasa ini untuk dapat menghasilkan produk legislasi yang sesuai dengan permintaan dan kebutuhan publik selama masa tugas lima tahun ke depan.

"Kemudian anggota DPR baru juga diharapkan dapat berperan sebagai lembaga kontrol eksekutif," katanya.

Selanjutnya, dan yang paling penting, kata dia, adalah DPR baru dapat membuktikan komitmennya dalam upaya pencegahan korupsi.

"Selain itu diharapkan juga tidak pernah mencoba-coba terlibat dalam tindak pidana korupsi," katanya.

Sementara itu, MPR RI, DPR RI, dan DPD RI menggelar acara pelantikan dan pengucapan sumpah/janji anggota baru periode 2019-2024 di Gedung Nusantara hari ini.
Pengucapan sumpah/janji anggota DPR RI, DPD RI, dan MPR RI dipandu Ketua Mahkamah Agung Hatta Ali.

Selain itu, acara tersebut dihadiri Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Jusuf Kalla, serta Ketua KPU Arief Budiman dan Komisioner KPU.

Baca juga: Pedemo masuk tol, petugas tembakkan gas air mata

Pewarta :
Editor: Nur Istibsaroh
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar