Kecelakaan maut tol Cipularang, DPR sebut Jasa Marga lalai

id bambang haryo

Kecelakaan maut tol Cipularang, DPR sebut Jasa Marga lalai

Anggota Komisi V DPR RI Bambang Haryo Soekartono. (Foto:Dokumentasi Pribadi)

Semarang (ANTARA) - Anggota Komisi V DPR RI Bambang Haryo Soekartono menyebut PT Jasa Marga selaku pengelola telah lalai terkait dengan terjadinya kecelakaan maut di jalan tol Cipularang beberapa hari lalu.

Berdasarkan siaran pers yang diterima di Semarang, Jumat, politikus Partai Gerindra itu menjelaskan bahwa struktur jalan tol Cipularang bermasalah akibat kurangnya perhatian dari pihak pengelola tol sehingga dalam konteks ini PT Jasa Marga dinilai telah lalai.

"Menurut saya ini kesalahan mutlak, mereka pihak pengelola karena begitu truk terguling dan terjadi antrean seharusnya pihak jalan tol memiliki atau memberikan satu rambu-rambu, tapi ini tidak ada informasi, standardisasi pelayanan mereka minimum sekali," katanya.

Baca juga: Tujuh anggota keluarga jadi korban kecelakaan maut Cipularang

Selain itu, struktur dari jalan tol yang menghubungkan Jakarta dengan Bandung itu sudah tidak layak dan pada titik-titik tertentu sudah tidak sesuai dengan kelaikan.

"Jalan itu tidak boleh terjadi keretakan, di jalan tol jangan ada yang retak, sedangkan di jalan Tol Cipularang itu kalau kita lihat bagaimana kondisi jalan aspal banyak yang menggemuk dan menggelembung itu," ujarnya.

Baca juga: Berikut identitas 20 kendaraan yang alami kecelakaan maut Cipularang

Kecelakaan, kata Bambang Haryo, sudah berkali-kali sehingga itu menunjukkan ada satu konstruksi yang tidak layak untuk dilalui dengan kecepatan tinggi, bahkan kalau dilihat standarisasi pelayanan minimum itu tidak sesuai.

Sebagai wakil rakyat, dirinya meminta PT Jasa Marga harus bertanggung jawab atas kecelakaan beruntun yang melibatkan puluhan kendaraan dan menewaskan delapan orang.

"Jasa Marga harus bertanggung jawab akan hal ini," ujar legislator dari Daerah Pemilihan Jawa Timur I itu.

Baca juga: Saat kecelakaan maut Cipularang, CCTV mati
Baca juga: WN Korsel jadi korban kecelakaan maut tol Cipularang
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar