Ganjar siap pakai Esemka untuk mobil dinas

id mobil esemka,ganjar pranowo,mobil dinas

Ganjar siap pakai Esemka untuk mobil dinas

Presiden Joko Widodo (kanan) bersama Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (kanan kedua) mencoba salah satu produk mobil keluaran pabrik mobil Esemka saat meresmikan pabrik mobil PT. Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) di Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (6/9/2019). Pabrik mobil Esemka dengan nilai investasi sebesar Rp600 miliar tersebut dapat memproduksi mobil mencapai 18 ribu unit per tahun atau 1.500 unit per bulan. ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho/foc.

Semarang (ANTARA) - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengaku siap memakai kendaraan yang diproduksi PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) untuk mobil dinas sebagai wujud dukungan terhadap karya anak bangsa.

"Saya melihat, ada mobil niaga yang sudah jadi. Tentu ini langkah positif yang akan terus kita dorong, saya sih tidak sabar menunggu produk terbaru yang non-niaga, seperti SUV (mobil penumpang, red) dan produk lain. Saya pingin cepat beli dan merasakan mobil hasil karya anak bangsa," kata Ganjar saat dihubungi melalui telepon dari Semarang, Jumat petang.

Jika pabrik kendaraan yang terletak di Kabupaten Boyolali itu sudah memroduksi mobil penumpang, Ganjar menegaskan akan menggunakan mobil Esemka sebagai mobil dinasnya dan akan mendorong seluruh pejabat di lingkungan Pemprov Jateng serta pemerintah di 35 kabupaten/kota untuk melakukan hal yang sama.

Baca juga: Mobil Esemka, Jokowi: Semua harus mendukung

"Tidak hanya di Jateng, daerah lain hingga kementerian juga akan saya dorong menggunakan mobil Esemka agar bisa dipakai untuk kepentingan nasional," ujarnya.

Sambil menunggu mobil penumpang diproduksi, Ganjar menilai mobil niaga yang sudah diproduksi PT Esemka njuga harus didorong untuk membantu program pemberdayaan petani, nelayan, dan pelaku usaha kecil menengah (UKM).

"Kami akan mulai dengan menjadikan mobil niaga Esemka ini untuk kepentingan bantuan kita kepada kelompok tani, nelayan dan pelaku UKM. Langkah-langkah ini penting dilakukan sebagai upaya menjadikan Esemka sebagai mobil nasional," katanya.

Politikus PDI Perjuangan itu secara khusus mengapresiasi peresmian pabrik mobil Esemka oleh Presiden Joko Widodo pada hari ini.

"Akhirnya mimpi panjang hari ini bisa diwujudkan, apapun bentuknya, darimanapun mulainya, akhirnya mobil Esemka bisa terwujud," ujarnya.

Gubernur Ganjar tidak bisa mendampingi Presiden Jokowi saat peresmian pabrik PT Esemka dan hanya bisa memantau melalui media sosial serta media massa.

Baca juga: Ini pesan dan tanda tangan Jokowi di kap mobil Esemka
Baca juga: Presiden resmikan pabrik mobil Esemka, 100 persen dimiliki swasta


 
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar