"Tahun ini, kami ditarget menghasilkan PAD (Pendapatan Asli Daerah) sebanyak Rp2,75 miliar. Kami optimistis target tersebut dapat tercapai," kata Kepala Disbudpar Kabupaten Banjarnegara Suyatno di Banjarnegara, Rabu.

Menurut dia, salah satu upaya mencapai target tersebut berupa pembenahan berbagai fasilitas objek wisata yang dikelola Disbudpar Banjarnegara.

Dengan demikian, kata dia, jumlah pengunjung pun bakal mengalami peningkatan sehingga target pendapatan dapat tercapai.

"Seperti halnya di Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas (TRMS) pada pekan liburan Lebaran 2012 mengalami lonjakan kunjungan," katanya.

Ia mengatakan, jumlah pengunjung TRMS pada 20-22 Agustus 2012 telah mencapai kisaran 30.000 orang dengan harga tiket masuk sebesar Rp10.000 per orang.

Ia mengatakan, salah satu daya tarik TRMS pada pekan liburan kali ini adalah penambahan koleksi berupa harimau putih yang didatangkan dari Kebun Binatang Ragunan.

Selain itu, kata dia, penataan pedagang kaki lima di sekitar TRMS juga turut menarik minat wisatawan untuk berkunjung.

"Ada wisatawan yang mengatakan jika mereka puas dengan kondisi TRMS saat ini," katanya.

Dia mengatakan, peningkatan jumlah pengunjung juga terjadi di Kawasan Wisata Dataran Tinggi Dieng karena pada 20-22 Agustus 2012 telah mencapai kisaran 28.000 orang dengan harga tiket masuk sebesar Rp10.000 per orang.


Pewarta : Sumarwoto
Editor : Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024