Semarang (ANTARA) - Jagoan Hosting memfasilitasi pembuatan website melalui CMS dan memberikan domain juga hosting secara gratis bagi para peserta acara Tech Corner bersama Komunitas No Code di Hetero Space, Semarang, Kamis, 24 Oktober 2024. 

"Kegiatan ini memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang apa itu CMS, bagaimana CMS bekerja, serta fungsinya dalam mempermudah pembuatan dan pengelolaan website tanpa memerlukan pengetahuan coding yang mendalam,” kata Andy Novianto, General Manager Jagoan Hosting.

Kegiatan tersebut, lanjut Andy, fokus pada CMS WordPress sebagai salah satu platform CMS yang paling populer dan banyak digunakan secara global.

"Kami mengajarkan kepada masyarakat bagaimana CMS dapat meningkatkan efisiensi dalam proses pembuatan website, mulai dari instalasi, pengaturan layout, hingga penerbitan konten," kata dia.

Selain itu, peserta akan mempelajari bagaimana CMS menyediakan tema dan plugin yang memudahkan kustomisasi serta mempercepat pengembangan website dibandingkan dengan metode konvensional yang memerlukan coding dari awal. Sekaligus, memberikan wawasan tentang bagaimana website yang dibangun dengan CMS dapat dimonetisasi.

"Adanya pemahaman ini, peserta diharapkan dapat melihat CMS sebagai sarana tidak hanya untuk pengembangan website, tetapi juga sebagai peluang untuk menghasilkan pendapatan,” kata Andy.

Pada era transformasi teknologi, Andy mengakui aktivitas di platform digital semakin meningkat dan website memiliki peran yang semakin penting di era digital, termasuk bagi mahasiswa yang tengah mempersiapkan diri menghadapi dunia akademis dan profesional, membangun personal branding, menampilkan portofolio digital, sampai untuk penjualan secara daring. 

"Website memiliki peran penting dalam berbagai bidang, mulai dari portofolio digital untuk menampilkan karya secara profesional, e-commerce untuk memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan penjualan, hingga menjadi platform bagi programmer untuk memamerkan proyek dan keahlian teknis mereka. Dengan website, individu dan bisnis dapat membangun identitas online yang kuat dan relevan di era digital,” kata dia.

Jagoan Hosting tidak hanya menyediakan infrastruktur hosting dan domain yang kuat, tetapi juga membentuk komunitas khusus bagi mahasiswa yang mendukung digitalisasi. Komunitas yang diberi nama No Code ini bertujuan untuk menjadi wadah kolaborasi, berbagi pengetahuan, serta pengembangan keterampilan digital di kalangan mahasiswa. 

Melalui berbagai kegiatan seperti pelatihan, diskusi, dan mentoring, Jagoan Hosting berharap dapat membantu mahasiswa lebih siap menghadapi tantangan dunia digital, mempercepat transformasi teknologi di lingkungan akademis, serta mendorong inovasi yang berdampak positif.

"Kami percaya bahwa digitalisasi adalah masa depan dan mahasiswa adalah motor penggeraknya. Dengan membentuk komunitas ini, Jagoan Hosting berkomitmen untuk mendukung mahasiswa tidak hanya dengan teknologi, tetapi juga dengan ekosistem yang memungkinkan mereka berkembang dan berinovasi di era digital," kata dia.

Brahmastra, Program Manager Hetero Space Semarang memberikan dukungan terhadap program tersebut. Mengingat, Hetero Space merupakan tempat bagi para ekosistem untuk berkumpul dan bertukar ilmu.

"Komunitas ini adalah wadah berjejaring yang penting bagi mahasiswa untuk saling bertukar ilmu, pengalaman, dan ide-ide inovatif. Di era digital yang terus berkembang, memiliki tempat untuk belajar bersama dan berkolaborasi dengan sesama anggota komunitas adalah kunci untuk mencapai kemajuan yang lebih cepat dan berdampak luas,” tutup Brahmastra.
 

Pewarta : Nur Istibsaroh
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024