Jepara (ANTARA) - Kepolisian Resor (Polres) Jepara, Jawa Tengah, menggelar apel besar Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) untuk memastikan kesiapan personel dalam pengamanan Pilkada 2024.

"Total jumlah Bhabinkamtibmas yang nantinya dilibatkan dalam pengamanan Pilkada 2024 sebanyak 130 personel yang tersebar di 16 kecamatan di Kabupaten Jepara," kata Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan di Jepara, Kamis.

Apel besar Bhabinkamtibmas berlangsung di halaman Mapolres Jepara, Kamis (24/10). Diserahkan juga rompi anti sayat dan senter kepada jajaran Bhabinkamtibmas Polres Jepara.

Kepala Bagian Perencanaan (Kabag Ren) Kompol Siswanto dalam sambutannya menekankan pentingnya peran Bhabinkamtibmas dalam menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat selama tahapan Pilkada 2024.

"Pilkada Kabupaten Jepara sudah di depan mata. Bhabinkamtibmas sebagai ujung tombak Polri harus aktif menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di desa-desa binaan. Persiapan yang matang sangat diperlukan untuk memastikan situasi tetap kondusif," ujarnya.

Baca juga: Pengamanan Pilkada Jepara libatkan 4.324 anggota satlinmas

Ia juga meminta Bhabinkamtibmas memahami karakteristik wilayah binaannya serta potensi kerawanan yang mungkin terjadi selama pelaksanaan pilkada. Selain itu, mereka juga harus mampu memetakan potensi masalah dan menjadi penengah dalam setiap konflik yang timbul di masyarakat.

"Saya minta sering-sering turun ke lapangan, merangkul masyarakat agar pilkada dapat berjalan aman, sejuk, dan damai. Hal terpenting bukan kuantitas kehadiran, tetapi kualitas interaksi yang terjalin," ujarnya.

Untuk mendukung tugas tersebut, dia mengingatkan pentingnya kompetensi yang harus dimiliki personel, seperti kepekaan sosial, kemampuan berinovasi, berbicara di depan umum yang baik, serta kemampuan berkomunikasi yang efektif dengan masyarakat.

"Keberadaan mereka harus memberikan manfaat nyata bagi masyarakat. Saya tidak segan memberikan penghargaan kepada mereka yang menunjukkan kinerja terbaik," ujarnya.

Kompol Siswanto juga menyoroti pentingnya pemeliharaan sarana dan prasarana penunjang, sehingga kendala teknis bisa dihindari.

Ia juga mengajak seluruh Bhabinkamtibmas untuk selalu bertindak profesional dan menjaga citra Polri di tengah masyarakat. Hal ini penting untuk menjaga kepercayaan masyarakat kepada institusi Polri, khususnya dalam momentum Pilkada 2024.

"Kami juga meminta selalu waspada dan cepat tanggap terhadap segala potensi gangguan kamtibmas yang mungkin terjadi menjelang maupun selama pilkada berlangsung," ujarnya.

Setelah pelaksanaan apel, kegiatan dilanjutkan dengan pengecekan kendaraan bermotor dan inventaris yang dimiliki oleh Bhabinkamtibmas.

Baca juga: Kapolres Purbalingga cek pengamanan gudang logistik Pilkada 2024
Baca juga: Polres Batang: Jangan lengah jaga pengamanan Pilkada 2024
Baca juga: Kapolda: Jateng harus nyaman dan kondusif selama pilkada
 

Pewarta : Akhmad Nazaruddin
Editor : Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024