Boyolali (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Boyolali telah mendistribusikan darah rata-rata sebanyak 1.400 kantong darah per bulan untuk memenuhi kebutuhan di 13 rumah sakit setempat.

PMI Boyolali telah memenuhi permintaan 13 RS di Boyolali dan rata-rata sekitarnya 1.400 kantong darah per bulan, kata Ketua PMI Cabang Boyolali, Sunarno, di Boyolali, Kamis.

Dia mengatakan stok darah di PMI Boyolali saat ini, tersisa ratusan kantong, sehingga donor darah dijadwalkan dilakukan di sejumlah lokasi.

"Kebutuhan darah di Boyolali cukup tinggi. Tiap bulan, PMI rata-rata mendistribusikan 1.400 kantong darah untuk 13 RS di Boyolali dan sekitarnya," kata Sunarno.

Menurut dia, setiap ada yang membutuhkan, PMI selalu mengupayakan dan ada. Jadi permintaan di 13 RS itu, selalu terpenuhi.

Pendonor di Boyolali juga banyak, sudah ada daftar pendonor yang selalu siap dihubungi. Jadi kalau ada permintaan darah selalu jawab ada.

Dia mengatakan ketersediaan darah di PMI Boyolali saat ini, mencapai 212 kantong. Rinciannya, whole blood (WB) sebanyak 29 kantong, packed red cells (PRC) 163 kantong dan trombocyte 20 kantong.

PMI untuk memenuhi kebutuhan tersebut menggandeng berbagai pihak. Jadi ada jadwal untuk kegiatan donor darah di tujuh lokasi selama enam hari mulai tanggal 25 hingga 29 Oktober mendatang.

Selain itu, kata dia, kegiatan donor darah tersebut juga digelar di hotel di Boyolali, pada Kamis (24/10). Ada 84 orang pendaftar yang ingin donor darah. Pendonor tidak hanya dari instansi namun, juga masyarakat umum.

Sementara itu, Humas Hotel Maxone Loji Kridanggo Boyolali, Clarita Hera mengatakan kegiatan donor darah tersebut menjadi agenda rutin tiap tahunnya. Dia mengundang perusahaan mitra serta masyarakat sekitar dan umum.

Menurut dia, pendonor yang sudah datang sebanyak 74 orang. Tiap tahun selalu meningkat. Kegiatan tersebut juga bentuk CSR bagi masyarakat. Pegawainya juga ikut donor darah. Pihaknya bekerja sama dengan PMI Boyolali.

Salah satu pendonor, Haryo mengaku rutin donor darah. Selama bekerja di Boyolali dia telah donor darah sebanyak 11 kali. Menurut dia, donor darah ini memberikan manfaat bagi masyarakat maupun tubuhnya.

"Kalau habis donor, badan segar dan sirkulasi darah lancar saja. Saya tiap dua bulan sekali rutin donor darah," katanya.*

Baca juga: PMI Boyolali peringati HUT ke-79 dengan bakti sosial

Pewarta : Bambang Dwi Marwoto
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024