Purwokerto (ANTARA) - Tim Program Kreativitas Mahasiswa-Riset Eksakta (PKM-RE) Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Jawa Tengah, berhasil meraih medali perunggu dalam ajang bergengsi Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) Ke-37 Tahun 2024 di Universitas Airlangga Surabaya, Jawa Timur. 

Tim yang berasal dari Jurusan Kimia itu diketuai oleh Kusdiana Salsabila serta beranggotakan Anggi Anggraeni, Sabrina Qulya, Ages Novida, dan Mita Paujiya dengan dosen pembimbing Anung Riapanitra, Ph.D.

Para pemenang ajang tersebut diumumkan pada acara penutupan Pimnas Ke-37 di Kampus C Universitas Airlangga, Jumat (18/10) malam.

Dalam ajang tersebut, Tim PKM-RE Unsoed menampilkan judul "Lapis tipis TiO2 Termodifikasi FE304 Untuk Fotoreformasi Mikroplastik Polistirena", yang merupakan inovasi terbaru dalam upaya penanganan mikroplastik berupa pembuatan lapis tipis dari titaniumdioksida (TiO2) dan magnetik.

Terkait dengan penghargaan yang diraih dalam Pimnas 2024, Ketua Tim PKM-RE Unsoed Kusdiana Salsabila mengucapkan rasa syukur atas prestasi tersebut karena sebelumnya tidak menyangka bisa meraih medali.

"Kami tidak menyangka akan meraih medali, tim menyusun riset ini sejak satu tahun yang lalu, dan alhamdulillah bisa lolos Pimnas dan mendapatkan juara. Persaingan juga sangat ketat di mana banyak universitas besar yang mengikuti ajang ini," ungkapnya.

Dia mengharapkan pada ajang prestasi tahun-tahun berikutnya, delegasi Unsoed bisa membawa pulang medali lebih banyak lagi.

Baca juga: Pakar: Koordinasi antarkementerian tantangan terbesar kabinet Prabowo

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unsoed Dr. Norman Arie Prayogo, S.Pi., M.Si. mengucapkan selamat kepada Tim PKM-RE Unsoed yang berhasil meraih perunggu dan mengapresiasi prestasi yang diraih tersebut.

"Kami sangat berterima kasih dan berbangga karena mahasiswa tidak hanya memiliki kemampuan dari sisi kemahasiswaan, juga kemampuan dari sisi akademik yang dibuktikan dengan meraih medali di Pimnas ini. Kami juga akan memberikan penghargaan, dan akan terus mendukung kegiatan kemahasiswaan, agar mahasiswa lebih berprestasi lagi," katanya.

Dosen Pembimbing PKM-RE Unsoed Anung Riapanitra, Ph.D. bersyukur karena Tim PKM-RE Unsoed bisa meraih medali perunggu berkat inovasi penelitian untuk memperoleh fotokatalis yang kuat dan dapat digunakan berulang kali sebagai solusi untuk mengatasi pencemaran mikroplastik.

"Dengan adanya kegiatan ini dan penghargaan yang diperoleh berharap para mahasiswa bisa terinspirasi dan memacu prestasi ikut kegiatan PKM dan kegiatan prestasi lainnya agar prestasi di Unsoed semakin meningkat terutama di ajang PKM dan Pimnas," katanya.

Pimnas merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk memperlombakan karya ilmiah mahasiswa di tingkat nasional.

Baca juga: Pakar komunikasi ingatkan paslon untuk hati-hati dalam bertutur kata
Baca juga: Pakar Unsoed dukung target swasembada pangan yang ditetapkan Prabowo
Baca juga: Pakar hukum dukung St Burhanuddin kembali menjadi Jaksa Agung

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024