Batang (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Batang, Jawa Tengah, mulai melakukan perakitan 2.544 kotak suara yang dipersiapkan untuk pelaksanaan Pilkada Serentak 2024.

Koordinator Divisi Hukum dan Pengawasan Komisi Pengawasan KPU Kabupaten Batang Tarwandi di Batang, Jumat, mengatakan sebanyak 2,544 kotak suara tersebut akan didistribusikan ke tempat pemungutan suara di 15 kecamatan.

"Ya, kami siap mulai melakukan perakitan kotak suara untuk mengefektifkan waktu mengingat makin dekatnya pelaksanaan pemungutan suara," katanya.

Menurut dia, kualitas bahan baku kotak suara dipastikan sesuai standar dan dalam kondisi baik.

"Sudah diperiksa langsung oleh petugas dari Badan Pengawas Pemilu. Bahan kotak suara kuat dan kualitasnya sesuai spesifikasi yang diatur dalam regulasi," katanya.

Ia mengatakan petugas telah menyiapkan dan secara rutin menyemprotkan cairan insektisida untuk mencegah timbulnya rayap atau gangguan dari hewan pengerat yang bisa merusak kotak suara.

"Kami sudah menyiapkan terpal yang akan ditutupkan di atas kotak suara agar terlindungi dari gangguan hewan pengerat maupun rayap," katanya.

Selain kotak suara, kata dia, KPU Batang juga masih menanti logistik pelengkap Pilkada 2024 yang belum datang.

"Yang belum datang surat suara sama sampul. Kalau sampul rencananya akan tiba pekan depan," katanya.

Baca juga: KPU Batang salah desain alat peraga kampanye

Pewarta : Kutnadi
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024