Semarang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menerima dua penghargaan sekaligus dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) terkait dengan inovasi pelayanan publik.

Dua penghargaan tersebut, meliputi kategori instansi pembina di lingkup provinsi dalam pelayanan publik dan kategori inovasi kelompok berkelanjutan dalam pelayanan publik.

"Penghargaan ini merupakan suatu kebanggaan bagi seluruh pegawai negeri sipil di Jateng. Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat," kata Penjabat Gubernur Jateng Nana Sudjana, di Semarang, Rabu.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri PAN-RB Abdullah Azwar Annas kepada Pj Gubernur Jateng pada acara Gebyar Pelayanan Prima Tahun 2024, di Jakarta, Selasa.

Nana mengatakan bahwa penghargaan tersebut menambah motivasi bagi Pemprov Jateng dan kabupaten/kota untuk lebih dekat dengan masyarakat, khususnya dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Menurut dia, inovasi pelayanan publik adalah salah satu strategi untuk mewujudkan pelayanan masyarakat yang berkualitas.

Oleh karenanya, mantan Kapolda Metro Jaya itu mengingatkan bahwa pelayanan kepada masyarakat harus mudah, murah, cepat, berkualitas dan akuntabel.

Sementara itu, Kepala Biro Organisasi Kepegawaian Sekretariat Daerah Provinsi Jateng Dadang Soemantri menyampaikan bahwa penghargaan terkait dengan inovasi pelayanan publik dilaksanakan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Prof Dr Margono Soekarjo, Banyumas dan RSUD Dr Rehatta, Jepara.

Inovasi yang dilakukan RSUD Prof Dr Margono Soekarjo, Banyumas, meliputi pengembangan sistem persediaan obat atau farmasi, sistem antrian layanan pasien, dan pengembangan sistem "SMS Gateway" menuju registrasi online.

Sedangkan inovasi RSUD Dr Rehatta, Jepara, adalah perawatan luka kusta menyeluruh dengan "garden healing", "mentoring", dan kolaborasi yang terintegrasi.

"Ini bukti bahwa yang sudah dilaksanakan di Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, di bawah kepemimpinan Bapak Pj Gubernur Nana Sujana sudah 'on the track'. Kami terus melakukan mengembangkan untuk pelayanan terbaik bagi masyarakat," katanya.

Dadang mengatakan penghargaan yang diperoleh menjadi penyemangat bagi seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Jateng untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang mudah, cepat, dan berintegritas.

Pemprov Jateng pun terus mendorong pemerintah kabupaten/ kota untuk aktif berinovasi.

"Banyak hal yang sudah dilakukan dengan kabupaten/kota," katanya.

Baca juga: Menteri PANRB: RPP ASN tuntas pekan ini

Pewarta : Zuhdiar Laeis
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024