Pekalongan (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan, Jawa Tengah, melalui Program Badan Pusat Statistik (BPS) Goes to School 2024 berupaya menanamkan pemahaman dan peningkatan literasi statistik para pelajar di sekolah.

Kepala BPS Kota Pekalongan Hayu Wuranti di Pekalongan, Selasa, mengatakan  kegiatan tersebut sekaligus dalam rangka menyambut peringatan Hari Statistik Nasional.

"Program ini bertujuan meningkatkan literasi statistik pada siswa dan tenaga pendidik sebagai bagian dari peran BPS dalam penyebaran informasi statistik," katanya.

Menurut dia, program BPS Goes to School 2024 ini memiliki tiga agenda utama yaitu memperkenalkan BPS sebagai instansi pemerintah yang bertugas untuk menyediakan berbagai data dalam program pembangunan, mengajarkan cara memperoleh dan memanfaatkan data daring dan luring, serta mengenalkan politeknik statistik.

Hayu Wuranti berharap melalui Program Goes to School 2024 ini, BPS dan pihak sekolah dapat bersinergi dalam pembinaan statistik.

"Siswa dan tenaga pendidik diharapkan semakin memahami proses pengumpulan hingga penyajian data sehingga mereka lebih siap menggunakan data di jenjang pendidikan yang lebih tinggi," katanya.

Ia mengatakan pihaknya sudah mencanangkan literasi statistik melalui BPS Goes To School yang secara perdana dilaksanakan di SMA Negeri 3 Kota Pekalongan.

Selanjutnya, kata dia, pihaknya ingin secara rutin berkeliling ke semua Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) maupun swasta bisa dilakukan BPS Goes To School.

"Kami berharap dengan adanya kegiatan ini bisa saling sinergi dengan pihak sekolah dalam rangka pembinaan dan penyebarluasan informasi statistik dan mendekatkan layanan BPS kepada masyarakat, serta pelajar bisa memanfaatkan data dan layanan BPS secara mudah, gratis, dan cepat sesuai kebutuhan," katanya.

Baca juga: Pekan kunjungan perpustakaan Kota Magelang berhasil tarik minat pegiat literasi

Pewarta : Kutnadi
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024