Temanggung (ANTARA) - Berbagai upaya dilakukan Perpustakaan Daerah Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah untuk meningkatkan jumlah pengunjung, antara lain melalui kegiatan "tour de library", "bude jum", dan "cabe kriting".

Kepala Bidang Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dinpusip) Kabupaten Temanggung Niken Lestari di Temanggung, Minggu, menjelaskan "tour de library" adalah kegiatan mengenalkan layanan dan fasilitas perpustakaan untuk pengunjung kelompok.

"Biasanya dari SD dan PAUD, tetapi kita tidak menutup kemungkinan permintaan dari SMP, SMA, dan komunitas lain yang ingin memanfaatkan layanan 'tour de library'," katanya.

Kemudian kegiatan buku dan kuliner Jumat (bude jum) merupakan kegiatan gabungan buku dan kuliner.

Kegiatan ini bekerja sama dengan penerbit, agency atau komunitas buku untuk mengadakan bazar buku serta melibatkan Dinas Pertanian, perpustakaan desa, serta UMKM untuk pasar kulinernya.

"Selain buku dan kuliner kami juga mengadakan senam bersama, cek kondisi motor gratis dan cek kesehatan gratis bersama mitra-mitra perpustakaan," katanya.

Kemudian kegiatan cara belajar kreatif dan inovatif Temanggung (cabe kriting) adalah kegiatan aktif dan kreatif dengan memanfaatkan informasi yang ada di perpustakaan.

"Kegiatan ini melibatkan masyarakat baik sebagai peserta maupun nara sumber. Kegiatan juga disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat dan perpustakaan akan memfasilitasi tempat dan informasi yang dibutuhkan untuk berkegiatan," katanya.

Menurut dia saat ini kegiatan "cabe kriting" yang sudah berlangsung di perpustakaan adalah kelas tali kur, kelas menjahit dan beauty class. Kelas tersebut gratis untuk masyarakat.

Selain tiga kegiatan di atas, perpustakaan secara rutin dan aktif mempromosikan layanan-layanan perpustakaan melalui media sosialnya. Perpustakaan juga menambah jam layanan pada hari libur, yaitu hari Sabtu.

Ia menyampaikan jumlah pengunjung Perpustakaan Daerah Kabupaten Temanggung periode Januari-Agustus 2023 sebanyak 16.400 orang, kemudian pada periode yang sama tahun 2024 meningkat menjadi 20.868 orang.

Pada tahun 2024 Perpustakaan Daerah Kabupaten Temanggung mendapatkan anggaran Rp200 juta untuk penyediaan bahan bacaan. Dengan anggaran tersebut bisa menambah 638 judul atau 1.914 eksemplar.

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024