Purwokerto (ANTARA) - Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, menggelar Kejuaraan Antarkampung (Tarkam) Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia 2024 pada 13-15 September.

Saat membuka Kejuaraan Tarkam Kemenpora 2024 di halaman Sasana Krida, Kompleks Gelanggang Olahraga Satria, Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jumat, Sekretaris Daerah Banyumas Agus Nur Hadie mengatakan kegiatan tersebut merupakan upaya untuk memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat.

"Maka saya berharap hal baik ini tidak hanya berhenti di hari ini saja. Namun terus dibawa dan dijadikan rutinitas harian," katanya.

Selain itu, kata dia, kegiatan tersebut juga diharapkan dapat menjadi ajang untuk meningkatkan rasa persaudaraan dan kebersamaan di tengah masyarakat Banyumas.

Ia mengatakan esensi ajang kejuaraan tersebut bukan hanya untuk memperebutkan gelar juara, tetapi juga sebagai media untuk mempererat tali silaturahmi antarwarga.

Sementara itu, Kepala Dinporabudpar Kabupaten Banyumas Setya Rahendra mengatakan Kejuaraan Tarkam Kemenpora 2024 mempertandingkan empat cabang olahraga, yakni senam, tenis meja, voli, dan lari gembira sejauh 5 kilometer (Fun Run 5K).

Menurut dia, peserta cabang olahraga tenis meja dan voli merupakan perwakilan desa/kelurahan dari setiap kecamatan di Banyumas.

"Namun untuk senam diikuti perwakilan dari puskesmas masing-masing kecamatan, sedangkan untuk Fun Run 5K terbuka untuk umum," katanya menjelaskan.

Terkait dengan jadwal perlombaan, dia mengatakan lomba senam digelar pada Jumat, sedangkan babak penyisihan pertandingan voli dan tenis meja pada Sabtu (14/9) serta final pada Minggu (15/9), sedangkan untuk lari gembira pada Minggu (16/9) mulai pukul 08.00 WIB di Alun-Alun Banyumas.

Menurut dia, seluruh cabang lomba digelar di GOR Satria Purwokerto kecuali lari gembira yang dilaksanakan di Kecamatan Banyumas dengan rute Alun-Alun Banyumas, Jalan Sekolahan, Jalan Kaliori, Jalan Mruyung, Jalan Pungkuran, Jalan Pegadaian, Jalan Kulon, Jalan Banyumas-Kebasen, Jalan Kalisube, Jalan Adipati Mrapat, Jalan Pahlawan, kembali ke Jalan Sekolahan, Jalan Sirayu, Jalan Kaliori-Banyumas, dan kembali ke Alun-Alun Banyumas.

"Peserta Fun Run 5K yang telah terdata mencapai 1.100 orang, sedangkan senam diikuti 38 puskesmas, voli diikuti 27 kecamatan, dan tenis meja diikuti 24 kecamatan," kata Setya.

Baca juga: Kemenpora ajak masyarakat cinta olahraga melalui program Tarkam

Pewarta : Sumarwoto
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024