Cilacap (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, memastikan seluruh bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati telah melengkapi Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) untuk maju dalam Pilkada Cilacap 2024.

"LHKPN seluruh bapaslon (bakal pasangan calon) sudah lengkap," kata Ketua KPU Kabupaten Cilacap Weweng Maretno di Cilacap, Selasa.

Menurut dia, hal itu diketahui dari hasil perbaikan persyaratan administrasi bakal pasangan calon yang diserahkan oleh penghubung atau Liaison Officer (LO) dan operator dari masing-masing pasangan ke KPU Kabupaten Cilacap pada hari terakhir masa perbaikan, Minggu (8/9).

Dalam hal ini, KPU Kabupaten Cilacap menerima pendaftaran empat bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati yang akan ikut berkontestasi dalam Pilkada serentak 27 November, yakni pasangan Awaluddin Muuri-Vicky Veranita Yudhasoka (Vicky Shu), pasangan Syamsul Aulia Rachman-Ammy Amalia Fatma Surya, pasangan Imam Tobroni-Mohamad Sonhaji, dan pasangan Setyo Budi Wibowo-Fahrur Rozi.

Ia mengatakan berdasarkan hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh operator KPU Kabupaten Cilacap terhadap perbaikan persyaratan administrasi bakal pasangan calon tersebut, semua persyaratan yang diajukan ada dan lengkap.

"Oleh karena itu, kami memberikan tanda terima dan berita acara," katanya.

Baca juga: KPU Cilacap: Belum ada bakal paslon Pilkada 2024 konfirmasi mendaftar

Terkait dengan hal itu, Weweng mengatakan pihaknya akan melakukan penelitian terhadap perbaikan persyaratan administrasi bakal pasangan calon hingga tanggal 14 September 2024.

Sebelumnya, KPU RI mengecek 107 bakal calon kepala daerah yang belum melengkapi LHKPN untuk maju dalam Pilkada Serentak 2024.

Ketua KPU RI Mochammad Afifuddin mengatakan bahwa kelengkapan LHKPN masih diteliti hingga penetapan pasangan calon pada 22 September 2024.

"Kan masih diteliti sampai penetapan 'kan, ya. Nanti kita cek," ujar Afif di Kantor KPU RI, Jakarta, Senin (9/9).

Dia juga menjelaskan bahwa KPU daerah yang merilis kelengkapan bakal calon kepala daerah.

"Ini 'kan yang menyatakan lengkap tidak lengkap 'kan teman-teman di provinsi, kabupaten/kota. Nanti kami cek," katanya.

Baca juga: KPU Cilacap survei tempat pemeriksaan kesehatan pasangan cabup-cawabup

Pewarta : Sumarwoto
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024