Temanggung (ANTARA) - Kodim 0706/Temanggung mendapat bantuan 10 pompa air untuk mendukung program perluasan areal tanam (PAT) di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Komando Distrik Militer (Kodim) 0706/Temanggung Letnan satu (Inf) Muhabib di Temanggung, Jumat, menyampaikan untuk pendampingan ketahanan pangan Kodim Temanggung mendapatkan bantuan 10 pompa air.

"Dari Kodim Temanggung, kemudian dibagikan ke koramil-koramil, antara lain di Pringsurat, Kranggan, Candiroto, Bejen, Temanggung, dan Koramil Parakan," katanya.

Ia menyampaikan pada saat kegiatan PAT pompa air tersebut bisa digunakan untuk melaksanakan percepatan areal tanam, untuk membantu agar sawah-sawah yang ada di wilayah Kodim Temanggung dapat air dan bisa untuk ditanami padi, jagung atau lainnya.

Baca juga: Warga tiga desa di Banyumas rasakan manfaat pompa hidran bantuan TNI

"Untuk mempertahankan ketahanan pangan di mana ketahanan pangan itu adalah suatu hal yang paling penting bagi masyarakat agar tidak kelaparan," katanya.

Ia menuturkan dalam bantuan pompa air dari Kementerian Pertanian ini Kabupaten Temanggung mendapat 29 unit, sembilan unit untuk kelompok tani, 10 unit untuk Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan serta 10 unit untuk Kodim Temanggung.

"Dengan adanya pompanisasi ini hal yang perlu kita kembangkan agar dapat meningkatkan ketahanan pangan untuk hari yang akan datang," katanya.

Ia menyampaikan pompa air dapat digunakan untuk membantu pertanian yang membutuhkan air, apalagi di musim kemarau ini.

"Untuk mengatasi kekeringan saat ini kita dapat menggunakan pompa air tersebut, mungkin bisa ambil air dari sungai terdekat untuk pengairan sawah," katanya.

Baca juga: Sebanyak 4.348 pompa air dipasang untuk genjot produksi padi di Jateng

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024