Semarang (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Batang, Jawa Tengah masih menunggu hasil pemeriksaan tes kesehatan dua calon wakil bupati yang dilaksanakan di RSUP dr Kariadi Semarang, Sabtu pagi.

"Keduanya kami antar ke RSUP dr Kariadi Semarang dan semoga selesai (pemeriksaan kesehatan) hari ini juga," kata Ketua KPU Kabupaten Batang Susanto Waluyo di Semarang, Sabtu.

Sebelumnya, dua calon bupati, yaitu Fallas yang diusung oleh PKB-PDI Perjuangan dan Fais Kurniawan (Partai Golkar-PPP) telah menyelesaikan rangkaian pemeriksaan kesehatan di RSUP dr Kariadi, Jumat (30/8).

Persyaratan tes kesehatan untuk pasangan calon tersebut, mengacu pada Keputusan KPU RI Nomor 1090 Tahun 2024 tentang Pedoman Teknis Pemeriksaan Kesehatan Dalam Pemilihan Kepala Daerah.

"Oleh karena itu, pemeriksaan kedua calon bupati telah selesai. Kemudian, jadwal pemeriksaan tes kesehatan pada hari ini adalah untuk dua calon wakil bupati, yaitu Ahmad Ridwan dan Suyono," katanya.

Menurut dia, jadwal proses pemeriksaan tes kesehatan untuk pasangan calon bupati akan dilakukan hingga 2 September 2024.

"Jadi, tanggal 3 September 2024, kami sudah harus memperoleh hasil tes kesehatan itu, apakah pasangan calon bupati itu dinyatakan mampu atau tidak mampu. Tes kesehatan ini merupakan salah satu persyaratan pencalonan," katanya.

Ia yang didampingi Kepala Divisi Sosialisasi, Pendidikan Partisipasi Pemilih, dan Sumber Daya Manusia, Khikmatun mengatakan untuk tahapan selanjutnya adalah pemeriksaan berkas para pasangan calon bupati. Kemudian, penetapan pasangan calon bupati pada 22 September 2024.

"Setelah melalui proses panjang, pada 22 September 2024, kami melaksanakan penetapan dua pasangan calon bupati itu. Kemudian, pada 23 September 2024, dilakukan pengundian nomor urut," katanya.

Setelah pemeriksaan tes kesehatan para pasangan calon bupati dan wakil bupati, KPU Batang akan menunggu tanggapan dari masyarakat yang dijadwalkan mulai 15 September hingga 18 September 2024.

"Kami berharap masyarakat mau berkontribusi dan berpartisipasi untuk menyampaikan hal-hal terkait dengan pencalonan ini. Kami tunggu partisipasi masyarakat untuk memberikan masukan terkait pasangan calon bupati," katanya.

Baca juga: KPU Batang tunggu hasil pemeriksaan tes kesehatan dua calon wabup

Pewarta : Kutnadi
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024