Purwokerto (ANTARA) - Penjabat (Pj.) Bupati Banyumas Hanung Cahyo Saputro mengatakan bahwa semua organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan pemkab setempat harus siap untuk mendukung pelaksanaan Pilkada Serentak 2024.

"Kami menyiapkan segala sesuatunya terutama dari personel dan peralatan seluruh dinas (OPD). Hari ini kami kumpulkan, walaupun beberapa hari lalu kami telah melaksanakan rapat-rapat koordinasi," kata Pj Bupati di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Senin.

Menurut dia, hal itu untuk menunjukkan bahwa Pemkab Banyumas untuk menyelenggarakan Pilkada Serentak 2024 pada tanggal 27 November.

Dalam hal ini, pihaknya memastikan semua OPD telah menyiapkan personel, sistem, dan peralatan.

"Dinas Kesehatan, satpol PP, BPBD, kemudian dinas perhubungan, bakesbangpol, semua dinas harus siap. Saya nanti akan cek satu per satu, mingguan, persiapannya sejauh mana," katanya menegaskan.

Selain itu, dia meminta seluruh OPD tetap melakukan koordinasi yang intens dengan instansi vertikal seperti Polri, TNI, KPU, dan bawaslu setempat.

Menurut dia, seluruh OPD juga harus tetap melakukan koordinasi dan hubungan yang baik dengan tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tokoh-tokoh lainnya yang ada di Kabupaten Banyumas.

"Termasuk hari ini kami kumpulkan semua perwakilan dari kecamatan dan kelurahan/desa untuk mengetahui kesiapan mereka sejauh mana. Apakah mereka sudah siap menyelenggarakan pemilu? Peralatannya bagaimana? Saya tanya satu per satu," katanya usai Apel Kesiapsiagaan Pengamanan Pilkada Serentak Tahun 2024 dalam Rangka Menjamin Stabilitas Ketenteraman Masyarakat dan Ketertiban Umum di Wilayah Kabupaten Banyumas.

Terkait dengan hal itu, pihaknya akan memantau persiapan penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024 secara intensif mulai pekan depan.

Labih lanjut dia mengingatkan netralitas aparatur sipil negara dalam Pilkada Serentak 2024 menjadi faktor penting sehingga seluruh ASN di lingkungan pemkab setempat harus fokus pada penyelenggaraan pemerintah daerah yang terbaik kepada masyarakat.

"Fokusnya itu. Jadi, netralitas menjadi kunci utama bahwa penyelenggaraan pemerintahan bisa berjalan dengan baik dan lancar," kata Pj. Bupati.

Sementara itu, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Banyumas Sugeng Amin mengatakan bahwa pemkab setempar akan menerjunkan 11.256 personel untuk mendukung pelaksanaan Pilkada Serentak 2024. Mereka terdiri atas satpol PP sebanyak 176 orang, satlinmas TRC (30 orang), dan satlinmas desa/kelurahan (10.700 orang).

Instansi lainnya, yakni pemadam kebakaran sebanyak 54 orang, dinas perhubungan (53 orang), BPBD (56 orang), dinas kesehatan (127 orang), kepala seksi keamanan dan ketertiban kecamatan (27 orang), dan OPD terkait lainnya sebanyak 33 orang.

"Nantinya juga akan ada patroli wilayah untuk mewujudkan kondusivitas yang pelaksanaannya tiga kali dalam sehari," kata Sugeng.

Pilkada Serentak 2024 dijadwalkan pada tanggal 27 November mendatang, khusus di daerah ini terdiri atas Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah serta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Banyumas.

Baca juga: Pemkab Banyumas memotivasi OPD tingkatkan penyerapan anggaran

Pewarta : Sumarwoto
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024