Tegal (ANTARA) - Penjabat (Pj.) Wali Kota Tegal Dadang Somantri mengajak seluruh komponen masyarakat di Kota Tegal senantiasa mengambil peran yang strategis dalam mengisi kemerdekaan Republik Indonesia.

“Marilah kita saling menguatkan komitmen untuk bergotong royong, berkolaborasi, dan bersinergi melintasi tantangan demi tantangan serta menghadapi berbagai perubahan untuk mewujudkan kemajuan bangsa demi terciptanya Indonesia Emas 2045.,” ujar Dadang Somantri dalam amanatnya pada Upacara Bendera Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia yang mengangkat tema “Nusantara Baru, Indonesia Maju” di Jalan Pancasila Kota Tegal, Sabtu (17/8/2024) pagi.

Pj. Wali Kota Tegal yang bertindak sebagai Inspektur upacara dalam amanatnya juga membacakan sambutan Pj. Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana.

Pj. Gubernur Jawa Tengah menyampaikan bahwa tanggal 17 Agustus 1945, adalah titik poin dari waktu ratusan tahun perjuangan rakyat Indonesia yang dengan susah payah melepaskan diri dari belenggu penjajahan. Saat itu, semua daya upaya dikerahkan, semua elemen bersatu, menjadi kekuatan-kekuatan yang tak pernah berhenti melakukan perlawanan terhadap para penjajah.

“Hari ini sudah 79 tahun kita menikmati kemerdekaan. Apakah perjuangan ini sudah selesai? sudah berhenti di sini? Tidak. Perjuangan ini harus terus dilanjutkan. Bapak Proklamator RI, Ir. Soekarno mengungkapkan bahwa kemerdekaan merupakan jembatan emas untuk mencapai cita-cita bangsa Indonesia,” ujar Nana Sudjana.

Untuk itu, Nana Sudjana mengajak seluruh masyarakat untuk mengisi Kemerdekaan Indonesia dengan pembangunan di segala bidang, dengan tetap berpegang teguh kepada Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia.

“Kita implementasikan nilai-nilai Pancasila dalam tata kelola pemerintahan, pembangunan, dan pelayanan kepada masyarakat,” ujar Nana Sudjana.

Lebih lanjut dalam sambutannya Nana Sudjana mengingatkan bahwa pada tanggal 27 November 2024 mendatang akan dilaksanakan Pilkada serentak untuk memilih gubernur dan bupati/wali kota. 

Pada pemilu Februari 2024 yang lalu, Nana menyebut tingkat partisipasi pemilih di Jawa Tengah cukup tinggi, yaitu mencapai 82,5% melebihi target nasional 79,5 persen. Menurutnya hal tersebut merupakan kesuksesan bersama, di mana salah satu indikator sukses pemilu adalah tingginya partisipasi masyarakat.

Nana berharap kesuksesan tersebut  dapat terus dilanjutkan bahkan ditingkatkan pada Pilkada serentak bulan November mendatang.

“Memasuki momentum Pilkada, ada tiga poin  yang perlu saya sampaikan. Pertama, seluruh masyarakat Jawa Tengah adalah “satu bangsa yang bersaudara”. Kedua, walaupun berbeda pilihan politik, semangat sila ketiga pancasila “Persatuan Indonesia” harus terus kita gelorakan. Ketiga, beda pilihan politik, adalah bagian dari “Bhineka Tunggal Ika”. Maka, mari kita wujudkan pilkada yang damai, aman, tenteram, tanpa permusuhan, tetap menjaga kerukunan. Kita doakan bersama, pilkada tahun ini akan menghasilkan pemimpin yang terbaik bagi daerah, yang mampu menyejahterakan masyarakat,” ujar Nana Sudjana.

Usai upacara, Pj. Wali Kota Tegal didampingi Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Tegal dan Sekretaris Daerah Kota Tegal, Agus Dwi Sulistyantono menyerahkan penghargaan Satyalancana Karya Satya kepada tiga Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemerintah Kota Tegal serta Remisi Umum (RU) kategori RU-I dan RU-II Narapidana pada Lembaga Permasyarakatan Kelas IIB Tegal tahun 2024 sebanyak 151 orang    yang diberikan secara simbolis kepada lima orang narapidana. ***

Pewarta : Nur Istibsaroh/ksm
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024