Demak (ANTARA) - Bupati Demak Eisti'anah mengajak semua aparatur sipil negara (ASN) serta masyarakat luas untuk mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila dalam aktivitas sehari-harinya.

"Tentunya kita semua harus lebih mendalami, menghayati, dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara," ujarnya ditemui usai peringatan Hari Kemerdekaan RI di Alun-alun Demak, Sabtu.

Salah satunya, kata dia, diimplementasikan dalam tata kelola pemerintahan, pembangunan, dan pelayanan kepada masyarakat.

Untuk para ASN, dia berharap, dengan sering mengucapkan, mempedomani, dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila tersebut, tentunya sebagai pelayan masyarakat bisa memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat dan mempermudah dalam pelayanan.

"Kami juga tegak lurus dengan Pemerintah Provinsi Jateng untuk bersama-sama menyukseskan Pilkada 2024. Meskipun berbeda-beda tetap satu untuk kemajuan daerah," ujarnya.

Selain itu, kata dia, partisipasi masyarakat dalam Pilkada 2024 juga perlu ditingkatkan karena pada Pemilu 2024 tingkat partisipasi pemilih di Jateng cukup tinggi yang merupakan kesuksesan bersama.

Meskipun nantinya ada perbedaan pilihan, kata dia, seluruh masyarakat merupakan satu bangsa yang bersaudara, sehingga sila ketiga persatuan Indonesia harus digelorakan.

"Beda pilihan politik adalah bagian dari Bhinneka Tunggal Ika. Maka kita wujudkan pilkada yang damai, aman, dan tenteram tanpa permusuhan dengan tetap menjaga kerukunan," ujarnya saat membacakan amanat Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana dalam upacara bendera HUT RI tersebut.

Ia mengungkapkan 17 Agustus merupakan titik poin dari ratusan tahun perjuangan rakyat Indonesia yang bersusah payah melepaskan diri dari belenggu penjajah.

"Mari kita manfaatkan hari ini (17/8) sebagai titik awal untuk pencapaian besar di masa depan. Kita teguhkan komitmen kita untuk memajukan negeri ini dengan semangat kebersamaan dan inovasi kita harus berupaya agar setiap sudut nusantara merasakan manfaat dari pembangunan yang berkelanjutan," ujarnya.

Hari ini (17/8), kata dia, sudah 79 tahun menikmati kemerdekaan, sehingga perjuangan harus terus dilanjutkan.

"Kemerdekaan merupakan jembatan emas untuk mencapai cita-cita bangsa. Mari kita isi kemerdekaan Indonesia dengan pembangunan di segala bidang dengan tetap berpegang teguh pada Pancasila," ujarnya.

Baca juga: ASN Kabupaten Batang tetap jaga netralitas di Pilkada 2024

Pewarta : Akhmad Nazaruddin
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024