Semarang (ANTARA) - Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah Tejo Harwanto memimpin upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia yang digelar di Lapangan Badiklat Kumham Jateng, Sabtu (17/8).

Dalam sambutan Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly yang dibacakan oleh Kakanwil, ia mengungkapkan makna HUT ke-79 RI yang mengusung tema “Nusantara Baru Indonesia Maju”.

“Ini adalah serutan untuk membangun fondasi yang kokoh bagi masa depan bangsa kita, di mana setiap elemen masyarakat berperan aktif demi mencapai kemajuan yang lebih baik. Nusantara Baru adalah refleksi dari semangat gotong royong kita untuk menjadikan Indonesia sebagai negara yang maju dan berdaya saing tinggi,” jelas Tejo.

Kakanwil menjabarkan, sebagai lembaga negara yang bertanggung jawab atas penyelenggaraan hukum dan hak asasi manusia, Kementerian Hukum dan HAM memiliki peran yang sangat strategis tidak hanya sebagai aparat penegak hukum tetapi juga sebagai garda terdepan dalam menjaga hak asasi manusia.

“Dalam rangka menciptakan Indonesia yang maju dan berkeadilan, kita harus siap bekerja sama dengan semua pihak untuk menciptakan iklim yang mendorong pertumbuhan dan pembangunan yang berkelanjutan,” ujar Tejo.

“Oleh karena itu diperlukan komitmen yang kuat dari seluruh jajaran Kemenkumham untuk bekerja lebih keras lagi dalam menciptakan sistem hukum yang adil, transparan, dan responsif,” sambungnya.

Mengakhiri sambutan, Kakanwil menyampaikan pesan Menteri Hukum dan HAM yang menekankan perlunya menyatukan langkah menuju Visi yang lebih besar, menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang tidak hanya makmur secara materiil, tetapi juga kaya akan budi pekerti dan nilai-nilai luhur.

“Mari kita terus berinovasi, beradaptasi, dan berusaha mewujudkan cita-cita bangsa dan negara. Dengan semangat perjuangan dan cinta Tanah Air, mari kita wujudkan Nusantara Baru Indonesia Maju,” pungkasnya.

Pada kesempatan ini Kepala Kantor Wilayah memberikan apresiasi kepada para pegawai yang menerima penghargaan Satyalancana Karya Satya X, XX, dan XXX. Tak hanya itu, momentum HUT Ke-78 RI pemerintah melalui Kementerian Hukum dan HAM memberikan remisi kepada 176.984 orang warga binaan pemasyarakatan di seluruh Indonesia. Di Jawa Tengah sendiri, remisi diberikan kepada 7.953 orang warga binaan pemasyarakatan.

Turut hadir mengikuti upacara Para Pimti Pratama Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah, Kepala UPT Se-Kota Semarang, beserta Pejabat Administrasi, Pejabat Fungsional Tertentu, dan pegawai dengan berbusana adat. ***

Pewarta : Nur Istibsaroh/ksm
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024