Semarang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melepas 52 delegasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jateng yang akan berlaga di ajang Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XIV di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, 19-26 Agustus 2024.

Pelepasan kontingen dilakukan oleh Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Jateng Agung Hariyadi, mewakili Penjabat (Pj) Gubernur Jateng, di Gedung Pers Jateng, Semarang, Jumat.

''Kami apresiasi pencapaian Jateng di Porwanas 2022 di Malang yang meraih satu emas, satu perunggu. Semoga di Banjarmasin mampu memperbaiki prestasinya. Tidak hanya itu, dengan adanya kompetisi ini bisa memperkuat kemitraan dan silaturahmi antarsesama wartawan,'' kata Agung, saat membacakan sambutan dari Pj Gubernur Jateng.

Pada Porwanas 2024 di Kalsel, diharapkan para kontingen dari PWI Jateng mampu bersaing dan memperbaiki prestasi dari Porwanas sebelumnya.

Acara pelepasan ditandai dengan pemakaian jaket kontingen oleh Agung Hariyadi kepada perwakilan atlet, Sigit Budi Riyanto dari cabang bulutangkis.

Sementara itu, Ketua PWI Jateng Amir Machmud NS menyampaikan terima kasih kepada Pemprov dan KONI Jateng, serta mitra kerja yang ikut 'nyengkuyung' persiapan hingga pemberangkatan kontingen Jateng ke Porwanas XIV.

''Dengan adanya 'support' penggawa dari pemangku kepentingan ini, membuat duta-duta olahraga ini akan menunjukkan kemampuan terbaiknya di Porwanas," katanya.

Jika dua tahun lalu delegasi Jateng di Porwanas Malang bisa meraih satu emas, kata dia, pada Porwanas Banjarmasin diharapkan bisa kembali membawa pulang medali emas.

Ketua Umum KONI Jateng Bona Ventura Sulistiana juga berharap Jateng bisa mempertahankan tradisi medali emas di Porwanas di Banjarmasin.

Pada kesempatan itu, Ketua Siwo PWI Jateng Erwin Ardian melaporkan bahwa kontingen Jateng berkekuatan 52 orang dan akan turun di sembilan cabang dari 12 cabang yang dipertandingkan.

Kesembilan cabang itu, meliputi bulu tangkis, biliar, bridge, domino, e-sport, tenis meja, tenis lapangan, futsal, dan karya jurnalistik.

''Kami ingin mempertahankan tradisi medali emas di Porwanas. Lihatlah, meskipun tongkrongan kami seperti ini, semangat kami adalah semangat atlet Olimpiade di Paris,'' canda Erwin, disambut aplaus.

Kontingen dengan 47 atlet dan lima ofisial akan bertolak ke Kota Seribu Sungai pada Senin (19/8) mendatang. Cabang pertandingan Porwanas XIV yang akan digelar di tiga tempat yaitu Banjarmasin, Banjarbaru, dan Kabupaten Banjar.

Turut hadir pada kesempatan itu, Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol Artanto, Wakil Ketua DPRD Jateng Ferry Wawan Cahyono, Kasi Media Online Pendam Kodam IV/Diponegoro Mayor (K) CAJ Hartati, Sekum KONI Kota Semarang Teguh Setyono, dan Kepala Stasiun RRI Semarang Ngatno yang masuk anggota tim tenis lapangan.

Baca juga: Gibran terima penghargaan PWI pada Porwanas ke-XIV

Pewarta : Zuhdiar Laeis
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024