Semarang (ANTARA) - Kantor Wilayah (Kanwil) DJP Jawa Tengah I menyelenggarakan kegiatan Pajak Bertutur (Patur) di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Semarang, Rabu (7/8).

Kegiatan ini dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia bersama unit instansi vertikal
Direktorat Jenderal Pajak lainnya dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik
Indonesia.

Kegiatan yang bertujuan mengenalkan pajak dan manfaatnya ini, diikuti oleh ratusan siswa SMK Negeri 1 Semarang.

Kegiatan Patur dibuka dengan penampilan seni persembahan para siswa. Selanjutnya, Patur kali ini diisi dengan berbagai kegiatan yang memantik rasa penasaran para siswa akan pajak. Salah satunya adalah kegiatan edukasi perpajakan. Pada sesi edukasi ini, para siswa dikenalkan tentang pajak yang berlaku di Indonesia beserta manfaatnya.

Sebagai pemateri, R. Ganung Harnawa selaku Penyuluh Pajak Kanwil DJP Jawa Tengah I menyampaikan langsung kepada para siswa.
“Di Indonesia sumber pendapatan negara didominasi oleh pajak,” ungkapnya.

Ia juga menambahkan bahwa pajak menjadi sumber utama pembiayaan negara dalam APBN. “Kita mengenal Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang digunakan untuk membiayai seluruh pengeluaran negara mulai dari pembangunan infrastruktur, subsidi hingga dana pendidikan yang kita rasakan bersama manfaatnya,” pungkas Ganung.

Kegiatan lainnya yang dilangsungkan adalah permainan rangking satu dengan tema perpajakan dan APBN. Pada sesi ini para siswa diajak berolah pikir serta beradu tangkas mengasah otak mengenai pengetahuan perpajakan.

Menanggapi kegiatan yang berlangsung seru ini, Kepala SMK Negeri 1 Semarang Ummi Rosydiana menyampaikan apresiasinya.

“Kami mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini, kami berharap dengan adanya kegiatan ini dapat menambah pengetahuan siswa terhadap pengelolaan keuangan negara,” ungkap Ummi.

Ia juga menyampaikan agar para siswa dapat menjadi warga negara yang baik kelak jika sudah terjun ke masyarakat dengan tertib membayar pajak.

Senada dengan Ummi, Bayu Setiawan selaku Kepala Bidang P2Humas menyampaikan dalam
sambutannya bahwa kegiatan ini memang rutin dilakukan setiap tahun guna meningkatkan
kesadaran pajak, khususnya bagi generasi penerus.

“Kegiatan Pajak Bertutur ini rutin dilaksanakan
setiap tahun, untuk tahun ini kami mengambil tema Lampaui Batas, Bangkit untuk Indonesia Emas,” ungkap Bayu.

"Tujuan kegiatan ini tentunya selain untuk menumbuhkan semangat sadar pajak bagi
generasi penerus, juga sebagai bagian wujud nyata kami memberikan edukasi akan pajak sedari dini sehingga dapat mewujudkan generasi emas sadar pajak di masa yang akan datang,” pungkas Bayu.

Kegiatan ditutup dengan sesi foto bersama dan foto membentuk tulisan Patur 2024 dari udara
menggunakan drone. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat menambah antusias para siswa untuk mengenal pajak lebih dekat.
#PajakKuatAPBNSehat ***

Pewarta : Nur Istibsaroh/ksm
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024