Semarang (ANTARA) - Perum Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA Biro Jawa Tengah memberikan pelatihan fotografi kepada belasan personel dari tim humas Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang dengan materi difokuskan mengenai foto rilis. 

Kegiatan yang berlangsung di Kantor ANTARA Biro Jateng Jalan Veteran No 1B Semarang, Sabtu (10/8) tersebut dibuka oleh Kepala Biro ANTARA Jateng Teguh Imam Wibowo. Ia berharap pemberian pelatihan fotografi tersebut ikut memperkuat kehumasan UIN Walisongo Semarang dari sisi fotografi.

"Humas harus bisa menyiapkan apa yang dibutuhkan teman-teman media sekaligus bagi institusi untuk diekspose keluar. Jika kontennya baik itu rilis maupun foto juga captionnya kaku atau banyak kesalahan, tentu hanya numpang lewat. Beda halnya jika menarik dan mudah dipahami, maka akan banyak pembacanya," kata Teguh.

Teguh berharap kegiatan pelatihan fotografi tersebut akan memberikan banyak pengetahuan baru yang nantinya mampu membantu tim humas UIN Walisongo Semarang dalam menyajikan dan membuat rilis atau pemberitaan lebih menarik dan efektif.

Asisten Manager Komersial Perum LKBN ANTARA Biro Jateng Nur Istibsaroh berharap adanya pelatihan fotografi tersebut semakin mempererat hubungan baik kedua belah pihak (ANTARA Biro Jateng dan UIN Walisongo Semarang).

Rekotomo selaku fotografer yang juga editor foto ANTARA dalam kesempatan tersebut memberikan materi mulai dari pengertian, tujuan, sampai dengan bagaimana membuat foto rilis agar bisa tampil sesuai dengan tujuan yang diinginkan.

"Sungkan mendekati obyek adalah hal utama yang menciptakan kegagalan dalam merekam moment terbaik. Memang diperlukan mental dan keberanian, misalnya pada saat acara wisuda. Fotografer untuk mendapatkan moment terbaik harus berani maju dan sebenarnya orang yang ada dalam acara tersebut akan sangat memakluminya," kata Rekotomo.

Koordinator Humas UIN Walisongo Semarang Astri Amanati Budiningtyas,S.Sos.,M.M mengaku banyak pengetahuan baru yang didapatkan pada pelatihan fotografi tersebut dan akan diterapkan pada saat memfoto beragam moment yang ada di kampus dalam pembuatan rilis maupun konten untuk kebutuhan internal.

"Terima kasih untuk insight fotografi yang diberikan ANTARA kepada kami. Ini sangat membantu kami pada tim kehumasan untuk terus menghasilkan karya terbaik. Harapannya akan ada pelatihan berikutnya baik itu pendalaman fotografi atau materi lainnya," kata Achi, panggilan akrab Astri Amanati Budiningtyas.
  Astri Amanati Budiningtyas,S.Sos.,M.M, selaku Koordinator Humas UIN Walisongo Semarang (jilbab merah) bersama tim foto bersama dengan Rekotomo, pemateri dari ANTARA (empat kanan belakang) usai pelatihan fotografi yang diikuti tim humas UIN Walisongo Semarang, di Kantor ANTARA Biro Jateng Jalan Veteran No 1B Semarang, Sabtu (10/8). ANTARA/Herman Andika

Pewarta : Nur Istibsaroh
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024