Solo (ANTARA) - Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar lomba lari untuk mengenalkan kampus hijau kepada masyarakat.

Event Director UNS ULTRA 2024 Adi Dwi Ismanto di Solo, Jawa Tengah, Selasa mengatakan ajang pada 9-11 Agustus tersebut bertujuan mengajak seluruh peserta menikmati kampus UNS yang hijau dan ramah lingkungan.

"Ajang ini menawarkan rute yang sejuk dan rindang untuk berlari. Lokasi dan rute UNS ULTRA diselenggarakan di area dalam kampus dengan mengitari setiap fakultas di dalamnya," katanya.

Ia mengatakan rute lari dirancang supaya steril dari kendaraan bermotor sehingga peserta tidak khawatir terkait dengan keselamatan dan keamanan di sepanjang rute.

Ia mengatakan UNS Ultra juga merupakan implementasi dari progam Green Campus atau kampus hijau yang dijalankan UNS.

"Olahraga lari menjadi sebuah media menumbuhkan kesadaran kolektif dengan mendekatkan manusia dan alam di lingkungan kampus. Antusiasme yang tinggi melalui berlari di kampus dapat menciptakan kebiasaan baik bagi sivitas akademika yang berwawasan lingkungan," katanya.

Tingginya antusiasme tersebut terlihat dari banyaknya jumlah peserta yang mendaftar.

"Antusias pendaftar sangat luar biasa, awalnya target kami hanya 800 peserta untuk semua kategori. Namun pendaftar membludak dan kami tutup pendaftaran dengan jumlah peserta UNS ULTRA sebanyak 1.403 orang," katanya.

Sementara itu, dikatakannya, terdapat empat kategori yang dapat diikuti oleh para peserta, yaitu kategori 50 km individu, kategori 50 km relay 2, kategori 5 km, dan kategori kids dash dengan jarak 1,5 km.

Tidak hanya perlombaan lari, acara ini juga diisi dengan UNS Running Expo. Terdapat beberapa rangkaian kegiatan di dalamnya seperti racepack collection bagi para peserta, edukasi olahraga dan kesehatan, sport running exhibition, bazar produk, hingga hiburan.

Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan UNS Iwan Wisnu Anggono mengatakan melalui kegiatan tersebut UNS mengajak masyarakat untuk menjaga pola hidup sehat, salah satunya dengan berolahraga di kampus.

"Semoga event lari tingkat nasional ini berjalan dengan lancar dan kami juga mengucapkan terima kasih kepada sponsor salah satunya Bank Jateng yang telah mendukung kegiatan ini," katanya.

Baca juga: Mobil formula produksi mahasiswa UNS siap berkompetisi internasional

Pewarta : Aris Wasita
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024