Batang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Batang, Jawa Tengah, dalam rangkaian menyambut Hari Ulang Tahun Ke-79 RI melakukan gerakan pembagian 13.600 bendera Merah Putih kepada masyarakat secara gratis.

Penjabat Bupati Batang Lani Dwi Rejeki di Batang, Senin, mengatakan bahwa pengibaran bendera Merah Putih penting dilakukan sebagai simbol persatuan dan kesatuan bangsa, serta mengingatkan kembali perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan Indonesia.

"Bendera Merah Putih dikibarkan untuk memperingati HUT Ke-79 RI merupakan momen bersejarah bagi bangsa Indonesia. Oleh karena itu, kami membagikan 13.600 bendera Merah Putih kepada masyarakat untuk dikibarkan menyambut HUT Ke-79 RI," katanya.

Menurut dia, pengumpulan 13.600 bendera Merah Putih tersebut berasal dari hasil gotong royong setiap organisasi perangkat daerah (OPD).

Ke depan, kata dia, pemkab mengajak pengumpulan sumbangan bendera Merah Putih tersebut tidak hanya berasal dari organisasi perangkat daerah (OPD) saja) tetapi juga seluruh perusahaan dan masyarakat.

"Hal yang penting lagi, kami mewajibkan masyarakat untuk mengibarkan bendera Merah Putih di halaman rumah," katanya.

Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Batang Agung Wisnu Barata mengatakan pemberian bendera Merah Putih tidak ada syarat spesifik apapun sehingga semua masyarakat bisa mendapatkannya.

"Cara meminta jika belum mempunyai bendera Merah Putih dapat langsung ke Kesbangpol Batang melalui perwakilan RT setempat atau pribadi yang akan didata," katanya.

Dikatakan, ribuan bendera Merah Putih tersebut dibagikan pada masyarakat secara gratis kepada masyarakat.

"Kami berharap dengan adanya gerakan tersebut, rasa persatuan dan kebersamaan akan semakin tumbuh dan mengakar di kalangan masyarakat," katanya.

 

Pewarta : Kutnadi
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024