Purwokerto (ANTARA) - Dosen Program Studi Teknologi Pangan Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), Condro Wibowo, S.TP., M.Sc., Ph.D. diundang menjadi dosen tamu (visiting lecturer) di Advanced Program of Food Technology, Fakultas Teknik Kimia dan Teknologi Pangan, Nong Lam University, Ho Chi Minh City, Vietnam, 20-31 Mei 2024.

Nong Lam University (NLU) merupakan salah satu universitas milik pemerintah Vietnam yang berfokus pada bidang pertanian dan kehutanan. 

Salah satu program unggulannya berupa Advanced Education Program (AEP) yang menggunakan standar kurikulum internasional dan melibatkan dosen serta mahasiswa dari berbagai negara. 

Program AEP di Fakultas Teknik Kimia dan Teknologi Pangan telah mendapatkan sertifikasi dari ASEAN University Network-Quality Assurance (AUN-QA).

Baca juga: Unsoed gelar sosialisasi perencanaan keuangan haji dan gerakan haji muda

Condro Wibowo mengajar mata kuliah Food Packaging dengan bobot 2 SKS. "Materi kuliah yang biasanya disampaikan dalam satu semester, disampaikan dalam waktu dua minggu saja. Setiap dosen tamu bertanggung jawab penuh untuk satu mata kuliah, termasuk menyiapkan soal dan mengoreksi untuk Mid-term Exam, Final Exam, serta komponen penilaian lainnya," jelasnya.

Selain tugas mengajar, Condro juga terlibat dalam inisiasi kerja sama yang lebih luas, seperti menjadi panitia pelaksanaan kegiatan Joint Summer Course yang melibatkan IPB, Unsoed, Nong Lam University, Maejo University Thailand, dan University Putra Malaysia. 

Ia juga mengikuti workshop tentang pemanfaatan rumput laut sebagai bahan baku biodegradable film, serta memulai inisiasi penelitian dan publikasi bersama.

Dia juga berkesempatan berdiskusi dengan Rektor, Wakil Rektor, Direktur International Office, serta beberapa Dekan di NLU untuk mengembangkan kerja sama akademik antara NLU dan Unsoed.

Selain Condro Wibowo, dosen tamu dalam program ini juga berasal dari berbagai negara, termasuk UC Davis Amerika, Thailand, Malaysia, Australia, dan Jerman.

Baca juga: Tingkatkan mutu pendidikan, Fakultas Biologi Unsoed bangun gedung baru
Baca juga: Unsoed dan BPJS Ketenagakerjaan Purwokerto jalin kerja sama lindungi mahasiswa
Baca juga: BPJS Ketanagakerjaan-Unsoed berikan perlindungan ke mahasiswa

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024