Semarang (ANTARA) - BPJS Kesehatan Cabang Ungaran mengadakan sosialisasi yang dihadiri oleh seluruh pemangku kepentingan di Kantor Kelurahan se-Kota Salatiga tentang BPJS Online, Rabu (26/6) dalam rangka memberikan kemudahan akses pelayanan administrasi Program Jaminan Kesehatan Nasional.

BPJS Online merupakan kanal layanan tanpa tatap muka yang dilakukan melalui video conference dari kantor desa atau kelurahan setempat.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Ungaran, Prabowo mengatakan BPJS Online merupakan salah satu kanal layanan untuk memberikan fasilitas kepada peserta JKN yang terkendala akses, jarak dan jaringan komunikasi data dalam mendapatkan layanan informasi program JKN.

“Kondisi geografis khususnya di wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Ungaran ini sangat beragam, sehingga tidak semua desa atau kelurahan dapat dijangkau oleh layanan BPJS Keliling sehingga untuk meningkatkan kemudahan akses dan keterjangkauan layanan bagi wilayah dengan kondisi geografis tertentu, BPJS Kesehatan hadir dengan kanal layanan BPJS Online,” ujar Prabowo.

Dirinya juga menuturkan bahwa segmen peserta program JKN yang bervariasi sangat diperlukan kanal layanan baru untuk memberikan kemudahan kepada peserta. Hal ini juga untuk meningkatkan pemahaman peserta terhadap program JKN dan tentunya untuk meningkatkan kepuasan peserta terhadap program JKN.

“Pelaksanaan BPJS Online dimulai dengan kesepakatan antara Kepala Desa atau Kelurahan dengan BPJS Kesehatan yang dituangkan dalam perjanjian kerja sama (PKS) yang kemudian dilakukan koordinasi kapan pelaksanaan dari kegiatan BPJS Online di Kantor Desa atau Kelurahan,” tutur Prabowo.

Untuk pelaksanaan dari BPJS Online, Prabowo mengungkapkan sangat mudah, yaitu Kantor Desa atau Kelurahan menginformasikan kepada warganya bahwa akan diadakan kegiatan BPJS Online di Kantor Desa, kemudian di hari pelaksanaannya, warga bisa datang ke Kantor Desa dengan membawa persyaratan administrasi, kemudian staf frontliner BPJS Kesehatan akan memberikan pelayanan melalui zoom meeting.

“Waktu layanan dari BPJS Online yaitu berdurasi dua jam yang dapat dimulai dari pukul 08.00 sampai dengan pukul 15.00 waktu setempat atau dapat menyesuaikan sesuai kesepakatan antara BPJS Kesehatan dengan kantor desa. Jenis layanan yang dapat dilayani saat BPJS Online diantaranya pemberian informasi langsung, pelayanan administrasi dan pelayanan pengaduan peserta,” ujar Prabowo.

Prabowo sangat berharap kanal layanan BPJS Online dapat dimanfaatkan dengan baik oleh para peserta JKN setempat karena peserta tidak perlu datang jauh-jauh ke Kantor BPJS Kesehatan, cukup datang ke kantor desa.

Ia juga berharap kepada seluruh pemangku kepentingan dan perangkat desa dapat mendukung penuh kegiatan BPJS Online dengan menyediakan ruangan dan peralatan komunikasi yang dibutuhkan.

Turut hadir Asisten Administrasi Sekretaris Daerah Kota Salatiga Muh Sidqon Effendi. Is mengimbau kepada seluruh pemangku kepentingan di desa atau kelurahan untuk mendukung secara penuh pelaksanaan kanal BPJS Online. Sidqon juga meminta kepada para pemangku kepentingan untuk terus mengingatkan warganya akan pentingnya program JKN.

“Dengan adanya kanal layanan BPJS Online ini bisa dimanfaatkan kepada seluruh warga desa untuk mengetahui lebih jauh mengenai informasi terkait program JKN. Segala kemudahan yang telah diberikan oleh pihak BPJS Kesehatan harus dimanfaatkan dengan sebaik mungkin, mengingat program JKN telah hadir dan sangat bermanfaat dalam memberikan jaminan kesehatan bagi seluruh peserta JKN,” tutur Sidqon.

Sidqon juga menyatakan capaian kepesertaan Universal Health Coverage (UHC) yang telah dicapai oleh Pemerintah Kota Salatiga yang sudah mencapai 98,44 persen dapat terus meningkat. Dirinya juga berpesan kepada seluruh pemangku kepentingan di tingkat desa yang hadir dalam acara tersebut untuk terus memantau bagi warganya agar terdaftar sebagai peserta JKN. ***


Pewarta : Nur Istibsaroh/ksm
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024