Semarang (ANTARA) - BPJS Kesehatan Cabang Ungaran melatih petugas Pemberi Informasi dan Penanganan Pengaduan (PIPP) Fasilitas Kesehatan (Faskes) mitra BPJS Kesehatan di wilayah kerja Kantor Cabang Ungaran, Rabu (19/10).

Pelatihan itu bertujuan untuk meningkatkan kepuasan peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) terhadap pelayanan prima dan transformasi mutu layanan di faskes mitra BPJS Kesehatan Cabang Ungaran.

Ditemui secara terpisah, Pps. Kepala BPJS Kesehatan Cabang Ungaran, Prabowo mengatakan bahwa salah satu faktor tercapainya kepuasan peserta JKN terhadap pelayanan dari program JKN dibutuhkan dukungan dari petugas di faskes mitra BPJS Kesehatan. Menurutnya mendapatkan pelayanan yang memuaskan, baik itu secara administratif maupun terkait dengan pelayanan kesehatan di faskes mitra BPJS Kesehatan akan berpengaruh terhadap kepuasan pelayanan program JKN dari peserta yang memanfaatkannya.

“Hari ini kami mengundang seluruh petugas PIPP rumah sakit dan beberapa perwakilan dari klinik pratama yang bermitra dengan BPJS Kesehatan Ungaran untuk bersama-sama menggali lebih ilmu lebih dalam lagi bagaimana kita dalam memberikan pelayanan prima kepada peserta JKN saat berkunjung untuk berobat di faskes,” ujar Prabowo.

Prabowo juga menghimbau kepada seluruh petugas PIPP yang sudah ditunjuk oleh faskes dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan selalu memberikan pelayanan yang terbaik kepada peserta JKN. Selain itu ia juga berharap kepada petugas PIPP di faskes dapat memberikan pelayanan dengan cepat dan tepat ketika ada peserta JKN yang meminta informasi terkait program JKN.

“Tidak dipungkiri saat ini masih terdapat peserta yang masih bingung terhadap alur pelayanan maupun hal lain terkait program JKN. Ketika peserta ataupun keluarga peserta datang ke faskes pasti sedang dalam keadaan darurat dan kebingungan, saya berharap dengan adanya petugas PIPP di faskes dapat memberikan informasi terkait program JKN dengan baik kepada peserta JKN, sehingga peserta merasa terbantu dengan pelayanan yang telah diberikan,” tutur Prabowo.

Prabowo menjelaskan dalam memberikan pelayanan kepada peserta JKN di setiap area yang harus dipenuhi oleh faskes, yaitu berupa delapan sikap pelayanan prima yang terdiri dari petugas PIPP diharapkan harus tepat waktu, rapi dalam berpakaian, ramah terhadap peserta JKN, sigap dalam memberikan pelayanan, fokus terhadap peserta JKN saat melayani, informatif saat memberikan penjelasan, melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait dalam memastikan pelayanan kepada peserta, dan selalu tersenyum saat berinteraksi dengan peserta.

“Dari delapan sikap pelayanan prima yang harus diterapkan oleh petugas PIPP faskes, diharapkan ketika ada peserta baik itu meminta informasi terkait program JKN maupun melakukan pengaduan terhadap pelayanan kesehatan, mereka dapat menyelesaikan dengan kedelapan sikap tersebut. Agar peserta JKN tidak ada yang merasa didiskriminasikan dengan pasien umum lainnya,” ujar Prabowo.

Bertindak sebagai pemateri dalam kegiatan pelatihan pelayanan prima kepada petugas PIPP faskes mitra BPJS Kesehatan Cabang Ungaran, Okkie Putriani mengatakan bahwa dalam memberikan pelayanan prima kepada peserta JKN, selain menerapkan delapan sikap yang telah diterapkan oleh BPJS Kesehatan, ada satu sikap yang harus disampaikan dengan penuh keyakinan. Hal ini dapat meyakinkan kepada peserta bahwa mereka telah mendapatkan pelayanan yang baik dan merasa puas.

“Kepada petugas PIPP faskes mitra BPJS Kesehatan harus selalu memperbarui pengetahuan khususnya terkait dengan pelayanan kesehatan yang berhubungan dengan program JKN. Ini sangat dibutuhkan agar peserta yang datang meminta informasi atau melakukan pengaduan bisa merasakan pelayanan prima dari petugas PIPP,” tutur Okkie.

Okkie juga berpesan kepada seluruh petugas PIPP faskes mitra BPJS Kesehatan Cabang Ungaran untuk terus semangat dalam memberikan pelayanan prima kepada peserta JKN. Selain itu dengan banyaknya bertemu peserta JKN, diharapkan petugas PIPP juga dapat belajar memahami karakter peserta dalam memberikan pelayanan prima. ***


Pewarta : Nur Istibsaroh/ksm
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024