Semarang (ANTARA) - Universitas Negeri Semarang (Unnes) menyediakan setidaknya 5.388 kursi atau 49 persen dari total daya tampung bagi calon mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Mandiri (SM) 2024.

Kepala Humas Unnes Rahmat Petuguran, di Semarang, Rabu, menjelaskan bahwa jumlah mahasiswa dari jalur SM pada tahun ini sebanyak itu akan diterima lewat lima jalur pendaftaran.

Lima jalur itu Seleksi Mandiri Prestasi, Seleksi Mandiri Kelas Internasional, Seleksi Mandiri Reguler/Tes, Seleksi Mandiri Nilai UTBK, serta Seleksi Mandiri Kelas Internasional Jalur UTBK.

Namun, kata dia, untuk Seleksi Mandiri Reguler dan Seleksi Mandiri Kelas Internasional dilaksanakan dalam dua gelombang.

Menurut dia, pembagian jalur SM dilakukan untuk menjaring calon mahasiswa dengan berbagai bakat dan prestasi

Selain itu, seleksi tersebut juga untuk memberikan kesempatan yang adil bagi calon mahasiswa untuk memilih sesuai dengan kemampuan dan potensi yang dimiliki.

"Semua proses penyelenggaraan SM dilaksanakan secara daring melalui 'unnes.ac.id/admission'," katanya.

Ia berharap pembukaan lima jalur seleksi mandiri tersebut dapat meningkatkan akses dan kualitas pendidikan di Unnes, dan memberikan kesempatan yang lebih besar bagi para calon mahasiswa untuk meraih pendidikan tinggi yang berkualitas.

Dalam jalur SM, kata dia, Unnes juga menerima pendaftaran mahasiswa yang memiliki Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K).

Pada tahun ini, Rahmat mengatakan Unnes menerima kuota 1.828 mahasiswa KIP-K yang akan disalurkan, baik kepada mahasiswa yang mendaftar melalui SNBP, SNBT, maupun Seleksi Mandiri.

Lima jalur penerimaan SM yang dibuka Unnes tahun ini, yakni:

1. Seleksi Mandiri Prestasi

SM Prestasi merupakan seleksi mandiri untuk memberikan penghargaan bagi siswa yang berprestasi non-akademik di sekolah, di antaranya prestasi kejuaraan olahraga, seni, sains, dan prestasi keagamaan seperti hafidz Al Quran.

Pendaftaran SM Prestasi Unnes pada 28 Maret- 28 Juni 2024, dan mahasiswa yang diterima melalui jalur tersebut tidak dikenakan Iuran Pengembangan Institusi (IPI) dan akan mendapatkan uang kuliah tunggal rendah, yaitu kategori 1 dan 2.

2. Seleksi Mandiri Kelas Internasional

SM Kelas Internasional adalah seleksi penerimaan mahasiswa baru bagi calon mahasiswa warga negara Indonesia (WNI) pada 27 program studi kelas internasional Unnes yang pendaftaran gelombang 1 dibuka pada 27 Maret-28 Juni 2024 dan gelombang 2 pada 1-10 Juli 2024.

3. Seleksi Mandiri UTBK

SM UTBK adalah seleksi penerimaan mahasiswa baru menggunakan skor hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) pada Seleksi Nasional Berdasarkan Tes 2024 yang pendaftarannya dibuka pada 17 Juni-1 Juli 2024.

4. Seleksi Mandiri UTBK - Kelas Internasional

SM Jalur UTBK SNBT - Kelas Internasional adalah seleksi bagi calon mahasiswa warga negara Indonesia (WNI) untuk 27 kelas internasional menggunakan skor UTBK tahun 2024 yang pendaftarannya dibuka pada 17 Juni-1 Juli 2024.

5. Seleksi Mandiri Reguler Tes

SM Reguler Tes adalah seleksi penerimaan mahasiswa baru secara mandiri dengan tes berbasis komputer dan penilaian portofolio dengan pendaftaran gelombang 1 dibuka pada 19 April-5 Juli 2024 dan gelombang 2 pada 1-19 Juli 2024.

Baca juga: Unnes tutup rangkaian dies natalis dengan pentas "Cakra Manggilingan"

Pewarta : Zuhdiar Laeis
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024