Demak (ANTARA) - Kabupaten Demak, Jawa Tengah, menargetkan bisa meraih juara umum dalam ajang Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) tingkat Jateng yang dijadwalkan 20-27 Juni di Kota Semarang dan Kabupaten Pati.

"Tercatat ada 119 atlet yang dikirimkan untuk berlaga di 16 cabang olahraga pada ajang Popda Jateng tersebut," kata Bupati Demak Eisti'anah di sela-sela melepas kontingen Kabupaten Demak Popda Jateng di Pendopo Kabupaten Demak, Rabu.

Ia berharap perolehan medali emasnya bisa ditingkatkan, dibandingkan popda periode sebelumnya.

Perolehan medali Kabupaten Demak beberapa tahun terakhir mengalami kenaikan, karena tahun 2022 hanya mengoleksi lima medali emas, tahun berikutnya bertambah menjadi enam medali emas.

Sementara perolehan medali perak dan perunggu juga ada penambahan karena sebelumnya hanya satu perak bertambah menjadi enam medali dan perunggu juga bertambah menjadi 15 medali dari perolehan sebelumnya hanya enam medali.

Untuk itu, dia memotivasi para atlet untuk lebih percaya diri, karena menjadi salah satu kunci untuk meraih kemenangan.

"Ingat, kalian semua merupakan anak-anak terpilih karena memiliki potensi unggul dan berprestasi, serta layak untuk bertanding dengan kontingen dari kabupaten/kota lainnya.

Untuk itu, Eisti'anah berpesan agar semua atlet berjuang dengan penuh semangat dan pantang menyerah. Keluarkan semua potensi dan kemampuan, tetaplah fokus pada tujuan dan tanamkan pola pikir untuk berjuang hingga titik keringat terakhir.

"Semoga kalian semua mendapatkan kemenangan dan mendapat juara umum serta dapat melaju ke tingkat nasional," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Muh Ridhodhin mengungkapkan bahwa ajang Popda Jateng ini merupakan ajang untuk memberikan kesempatan kepada atlet muda untuk mengembangkan minat dan bakatnya di bidang olahraga.

Setidaknya, kata dia, latihan rutin selama ini ada jenjang prestasinya karena mereka mendapatkan kesempatan mengikuti kompetisi di tingkat Jateng maupun Asean.

Pelaksanaan Popda Jateng 2024 tersebut, berlangsung dua tahap. Untuk tahap pertama berlangsung pada 20-23 Juni 2024, sedangkan tahap kedua berlangsung 24-27 Juni 2024.

Adapun jumlah kontingen Kabupaten Demak yang diberangkatkan berjumlah 134 personel, meliputi 119 atlet yang diturunkan di 16 cabang olahraga, selebihnya pelatih dan official.

Keenam belas cabor yang diikuti tersebut, yakni tenis lapangan, wushu, senam, tenis meja, menembak, sepak takraw, judo, kempo, gulat, akuatik, panjat tebing, panahan, dayung, atletik, anggar, dan bulu tangkis.

Pewarta : Akhmad Nazaruddin
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024