Purwokerto (ANTARA) - Dua masjid di lingkungan Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), yakni Masjid Ahmad Dahlan dan Masjid At-Tajdiid melaksanakan penyembelihan hewan kurban sebanyak 16 sapi dan 9 kambing pada perayaan Idul Adha 1445 Hijriah, Senin (17/6). 

Rektor UMP Assoc Prof Dr Jebul Suroso mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi dalam pelaksanaan kegiatan kurban tahun 2024. 

Menurut dia, penyembelihan hewan kurban tersebut merupakan wujud kepedulian dan kebersamaan dalam menjalankan syariat Islam. 

“Semoga apa yang kita lakukan hari ini dapat memberikan manfaat bagi yang membutuhkan dan menjadi amal ibadah yang diterima oleh Allah SWT," ungkapnya.

Baca juga: Rektor UMP ajak jamaah jadi insan kamil di tengah godaan duniawi

Sementara dalam khutbah yang disampaikan saat menjadi khotib pada Shalat Id di halaman Masjid At-Tajdiid, Kampus II UMP, Rektor mengajak jamaah untuk belajar dari kisah keteladanan Nabi Ibrahim. 

Menurut dia, Nabi Ibrahim menunjukkan keteguhan iman, kepemimpinan yang demokratis, dan keikhlasan dalam tindakan. 

“Ketika diperintahkan Allah untuk menyembelih anaknya, Nabi Ibrahim menjalankannya dengan penuh keikhlasan dan meminta pendapat anaknya, yang dengan penuh keimanan menjawab untuk melaksanakan perintah Allah," paparnya.

Dekan Fakultas Agama Islam UMP Assoc Prof Dr Makhful MAg. juga menjadi khatib pada Shalat Id. Dalam khutbahnya, ia menekankan pentingnya meneladani kisah Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail sebagai fondasi dalam membentuk karakter generasi muda yang taat kepada Allah SWT dan patuh kepada orang tua.

"Syariat kurban dan haji tidak bisa dipisahkan dari pengorbanan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail. Kisah mereka mengajarkan kita tentang ketulusan dan ketaatan kepada Allah SWT," katanya.. (tgr)

Baca juga: Yaya wakili wisuda mendiang anak semata wayang di UMP
Baca juga: UMP peroleh hibah penelitian dan pengabdian masyarakat dari Kemdikbudristek
Baca juga: Sentra Halal UMP gelar Bimtek Juru Sembelih Halal 2024

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024