Pemalang (ANTARA) - Kepolisian Resor Pemalang, Jawa Tengah, bersama pemerintah daerah mengintensifkan pemeriksaan kondisi fisik angkutan umum, khusus bus serta kelengkapan administrasi kendaraan (ramp check) untuk mencegah kasus kecelakaan di jalan raya.

Kepala Kepolisian Resor Pemalang AKBP Yovan Fatika Handhiska Aprilaya di Pemalang, Sabtu, mengatakan bahwa pemeriksaan kondisi kelayakan bus dilakukan bersama tim penguji Dinas Perhubungan, Organda, PT Jasa Raharja.

"Ramp check dilakukan untuk mengecek dan memeriksa secara langsung persyaratan teknis serta kelengkapan surat-surat kendaraan," katanya.

Dikatakan, ada 6 unit bus milik salah satu perusahaan bus pariwisata yang berkantor di Kabupaten Pemalang, pada Sabtu (18/5).

Pemeriksaan, kata dia, dilakukan secara menyeluruh pada komponen kelaikan bus, seperti fungsi rem, lampu, klakson hingga roda ban, serta pemeriksaan surat kendaraan seperti buku uji, surat tanda nomor kendaraan, dan surat izin mengemudi.

"Ramp check bus akan dilakukan secara rutin dan dilanjutkan ke seluruh PO bus yang memiliki kantor perwakilan atau agen di daerah ini," katanya.

Ia yang didampingi Kepala Satuan Lalu Lintas AKBP Budi Prayitno mengatakan kegiatan pemeriksaan kelaikan angkutan umum dilakukan untuk memastikan apakah kondisi fisik bus telah memenuhi syarat layak jalan dan kelengkapan administrasi kendaraan.

"Kegiatan ini untuk mencegah fatalitas korban akibat kecelakaan lalu lintas serta menjaga keselamatan penumpang bus agar dapat menggunakan layanan bus dengan kondisi kendaraan yang layak jalan," katanya.

Ia mengimbau penumpang bus untuk berani menegur awak bus yang berkendara ugal-ugalan hingga bisa membahayakan pada orang-orang yang diangkut maupun kendaraan bermotor lainnya.

"Kami mengimbau sopir bus bisa tertib berlalu lintas di jalan raya dan penumpang juga berani mengingatkan pengemudi bus yang berkendara ugal-ugalan atau membahayakan," katanya.

Selain melaksanakan kegiatan ramp check, tim Dokter Kesehatan Polres Pemalang juga melakukan pemeriksaan kesehatan kepada seluruh awak dan kru bus.
 

Pewarta : Kutnadi
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024