Magelang (ANTARA) - Universitas Tidar (Untidar) Magelang menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Sekolah Tinggi Multi Media (STMM) Yogyakarta kerja sama kelembagaan sesuai dengan fungsi dan kewenangan masing-masing dalam pengembangan perguruan tinggi.

"Kerja sama ini diharapkan membuka peluang untuk menyelenggarakan sertifikasi bagi mahasiswa. Sertifikasi kompetensi merupakan bekal kepercayaan diri mahasiswa saat mencari pekerjaan," kata Rektor Untidar Sugiyarto dalam siaran pers di Magelang, Rabu.

Ia mengingatkan kerja sama ini segera diimplementasikan dan jangan terhenti pada rencana serta kendala administratif. Tidak hanya berhenti pada kerja sama ini saja, namun Untidar terbuka untuk kerja sama lainnya pada kemudian hari.

"Peminat program studi ilmu komunikasi di Untidar cukup tinggi dari tahun ke tahun sebanding dengan upaya peningkatan mutu dan kualitasnya. Adanya kerja sama dengan STMM semoga perkembangan prodi ilmu komunikasi menjadi lebih pesat," katanya.

MoU ini merupakan payung kerja sama kedua belah pihak dalam melaksanakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

"Terima kasih atas kesempatan menjalin kerja sama dengan Untidar, STMM yang berkembang di multimedia sedang mengupayakan berkembang juga ke arah digital. Semoga kami bisa menjalin kerja sama penelitian, penulisan artikel atau jurnal, serta workshop nasional maupun internasional bersama Untidar," Kata Ketua STMM Yogyakarta Noor Iza.

Senada dengan Rektor Untidar, ia  juga memandang pentingnya sertifikasi bagi mahasiswa. Saat ini STMM sedang mengupayakan lulusannya minimal memiliki satu sertifikasi kompeten disertai telah minimal dua pelatihan.

"Pada beberapa waktu yang lalu mahasiswa prodi manajemen informasi komunikasi STMM melakukan KKN di wilayah Magelang. Setelah penandatangan kerja sama ini terbuka kemungkinan untuk melakukan KKN bersama Untidar," katanya.

Baca juga: 7.975 calon mahasiswa ikuti UTBK SNBT 2024 di Untidar

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024